iklan google termasur

Sabtu, 16 Juni 2012

Cara Mudah Modifikasi Kiprok / Regulator Pengisian Aki Motor

 by : zakir skynet

Ada banyak cara yang dilakukan para seniman otomotif, dalam memodifikasi kiprok alias regulator pengisian aki, dimana tujuan akhirnya adalah untuk menambah daya agar performa aki selalu dalam keadaan mantap ketika akan digunakan untuk memasok energi ke aksesoris tambahan misalnya lampu HID, sirine, lampu besar tambahan, dll.
Untuk menambah koleksi modifikasi kiprok di jagat otomotif, uncle zak akan memberikan warna baru dalam memodifikasi kiprok yang sangat super sederhana, biaya murah, tepat sasaran dan siapapun bisa melakukan modifikasi kiprok bagi yang membaca artikel ini. Jadi anda orang paling beruntung yang pertama membaca artikel ini.
dan sebarkan informasi ini pada kawan-kawan.

Cara Kerja Alternator Motor

Energy listrik untuk mengisi aki, menerangi lampu dan memasok energy ke CDI dihasilkan dari sebuah altenator,  isi alternator  motor nampak seperti pada gambar dibawah ini, inti dari alternator motor  terdiri dari beberapa gulungan tembaga disebut juga stator dan dan magnet permanent.disebut juga rotor, jika magnet berputar digerakan mesin akan  menginduksi stator maka dihasilkan listrik arus ac,  seperti listrik yang dipasok PLN.

mengingat energy listrik yang dihasilkan untuk kepentingan pengisian aki maka arus listrik dirubah dari  ac  (arus bolak balik ) menjadi arus DC (arus searah ) dengan menggunakan diode.
berhubung arus listrik yang dihasilkan alternator motor cukup besar dan  voltase cukup tinggi  jika langsung terhubung ke aki atau ke lampu, dimana dampaknya akan menyebabkan aki dan lampu cepat rusak, maka diperlukan sebuah regulator/kiprok, tujuan regulator ini agar pengisian ke aki dan ke lampu bisa seimbang. sesuai dengan kebutuhan.

alternator motor


sekema alternator motor



Cara Kerja Kiprok / Regulator Pengisian Aki

Listrik yang dihasilkan dari alternator motor baik voltase dan arus listrik untuk memasok energi ke aki maupun ke lampu  dikendalikan oleh sebuah alat yang bernama kiprok/regulator..

Ada dua katagori besar cara kerja kiprok  tetapi tetap mengacu basis voltage yaitu :

  1. Basis voltage tegangan aki, contohnya jika voltase aki sudah mencapai tegangan maksimal sebesar  14,2 volt, maka pasokan arus listrik terhenti terputus. atau mengecil, jika voltase aki masih dibawah angka tersebut maka arus listrik tetap dipasok oleh kiprok.
  2. Basis voltase tegangan output stator, contohnya setingan kiprok 13,5 volt pada saat generator motor mencapai tegangan 13,5 volt, walaupun aki belum penuh diode zener membuka saluran memerintahkan SCR membuang kelebihan voltage / energy  ke ground.


Seperti pada gambar dibawah ini rangkaian isi kiprok tipe single maupun 3 phase ketika motor dihidupkan komponen diode bridge langsung bekerja memasok  energi ke aki yang dihasilkan alternator, ketika tegangan aki sudah mencapai setingan pabrik misalnya 13,5 atau 14,2, maka diode zener mulai aktip untuk membuka saluran gate SCR maka terhentilah pasokan listrik ke aki,atau mengecil, sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator.
Secara umum garis-garis  besar haluan kabel motor dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini baik single pas maupun 3 phase.
garis besar haluan kabel tipe single phase
garis besar haluan kabel tipe  3 phase
Masalah Kurang Pasokan Energy Listrik dan seting voltase kiprok terlalu rendah

Buat yang hobi tambah aksesoris-aksesoris  dimotor yang membutuhkan arus listrik besar tentunya dilema tersendiri,  tetapi setiap masalah pasti ada obatnya, ada 101 cara untuk mengobatinya, berikut ini uncle zak sajikan salah satu cara mengatasi kekurangan pasokan energi listrik dan setingan voltase kiprok terlalu rendah,   hanya dengan biaya Rp 2 ribu s/d 3 ribu untuk menambah pasokan energi listrik. baik untuk single phase maupun 3 phase.

Modifikasi Kiprok / Regulator voltage Model Uncle Zak

cara ini sangat sederhana hanya menggunakan dua buah diode seperti pada gambar dibawah ini ;hasil sangat mantap  energi terus dipasok ke aki sampai kondisi aki full charge 100 %,  namun tetap terkendali tegangan voltase.kiproknya.

cara kerjanya :
penambahan diode arah katoda menuju kiprok fungsinya untuk "membohongi diode zener" tegangan aki terpotong 0,6 volt oleh diode. dan diode zener pun belum aktip   mengangap aki belum penuh.maka saluran gate SCR masih tertutup,  diode bridge terus memasok energy listrik ke aki sampai tegangan 14,8 volt saat tegangan aki lewat angka tersebut maka diode zener mulai aktip membuka saluran gate SCR maka pasokan listrik ke aki terhenti atau mengecil.sebagian aliran listrik kembali lagi ke stator
contoh misalkan setingan kiprok pabrik 14,2

Diode katoda arah aki fungsinya memasok energy listrik ke aki

Modifikasi Kiprok Lewat Jalur Kabel Positip


Modifikasi Tambah Tegangan 0,6 Volt





Modifikasi Penambahan tegangan pengisian aki 0,6 volt model single phase half wave


Modiikasi Penambahan tegangan aki 0,6 volt model full wave  3  phase
Modifikasi Tambah Daya dan voltase 1,2 Volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt

modifikasi tambah tegangan 1,2 volt


Modifikasi Kiprok Lewat Kabel Negatip

Modifikasi Kiprok  Half wave Tambah Tegangan 0,6 volt

Modifikasi kiprok full wave tambah tegangan 0,6 volt





Langkah-langkah modifikasi :

ukur terlebih dahulu voltase standar kiprok pabrik dengan alat voltmeter digital ukur tegangan aki, mesin hidupkan tancap gas amati volmeter, perhatikan tegangan aki jika maksimal 13,5 volt sebaiknya modifikasi tambah tegangan 1,2 volt. jika tegangan maksimal 14,2 s/d 14,4 sebaiknya modifikasi tambah tegangan 0,6 volt.

Keuntungan Modifikasi kiprok :
  • kondisi aki dalam keadaan setiap saat full 100 % 
  • dapat memasok  energy untuk aksesoris tambahan 
  • dapat perpanjang umur pakai aki (lihat Teori dasar Aki )
  • Tarikan stater jadi enteng karena aki dalam keadaan full
  • lampu besar lebih terang
  • suara klakson lebih lantang 
  • mengurangi efek panas kiprok, karena mengurangi konek  SCR dari jalur  listrik ac (alternating current)  ke masa/ground
  • buat yang kiproknya mengalami masalah panas berlebih bisa memakai trik ini
Kerugiannya :
  • ada pekerjaan  baru setiap dua minggu sekali harus cek  kondisi air aki harus diperiksa khusus aki basah

Cara Buat  dan pemasangannya :

Gambar 1 : Cara buat diode model 1/1


Gambar 2 : bentuk diode 6 ampere

Gambar 3 : Rangkaian Diode 5/1

Gambar 4: Rangkaian Diode Modifikasi  3/1 Tambah Voltase kiprok



Cara Pasang Diode pada  Jalur Negatip




Gambar 5 : Cara Pasang diode jalur Negatip

Gambar 6 : pasang pada jalur negatip


Cara Pasang Diode dan kiprok



Cara Pasang Diode Jalur Negatip

kabel warna hijau diputus disambungkan ke rangkaian diode

anatomi kiprok half wave motor honda supra fit



Pengujian Penambahan Diode Pada Jalur Negatip

Pengujian dilakukan pada motor honda supra fit tahun 2007
standar kiprok maksimal Voltase pengisian  14,30 volt
Aki yang digunakan 3,5 ampere GTZ-5S  MF merk GS

Langkah pertama Potong Kabel hijau kiprok


Sambungkan dengan diode konek ke ground /body















voltage terbaca 15,1 volt rasa mantap

Voltage terbaca 16,6 volt mantap full power

 

Catatan Penting Hasil Riset Uncle Zak Modifikasi Kiprok :
  1. Sebaiknya jika ingin  modifikasi kiprok tambah daya pakai Jalur negatip untuk jenis  motor apapun
  2. Ukur terlebih dahulu drop voltage diode, uncle zak dalam tulisan ini pakai 0,6 volt drop voltage diode yang umum, namun saat ini, banyak juga beredar diode drop voltage hanya 0,3 volt. jadi tinggal hitung berapa diode yg dibutuhkan untuk menaikan voltage.

 Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat automotive






















542 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 400 dari 542   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

Om saya mau tnya nie...
Saya punya motor vario cw 110
Pke projie 2 pake bllast 55 watt kedua'y sama bulb'y 45 watt...
Pke klakson hella...
Gimana cara biar ga tekor
Motor udah di fullwave pake kiprok tiger ori sama aki udah di ganti 10 ampere

Solusi battery mengatakan...

motor matic dan varian motor bebek lainnya sistem pengisian akinya nyaris sama, jadi motor mio bisa pakai model seperti diatas, biasanya ane untuk mio cukup modif 3/1, selanjutnya gas rpm rendah agak dibesarkan biar arus listriknya tambah besar biar balance. pasti mantap

Solusi battery mengatakan...

kalau motor sudah di full wave masih juga tekor, langkah terakhir pasang saja booster pengisiaan aki, artikel ada disini : cara mudah buat booster pengisian aki, pakai capacitor/elco 10000uf 80 volt dua buah, cara pasangnya ada panduannya.

Unknown mengatakan...

Klo pke dioda itu gmn om bisa ga
Trmksih.....

Raden Tetuka@blog mengatakan...

Pak zak saya sudah menerapkan trik oster pengisian aki hasilnya super mantap rpm rendah dapat 2,3A rpm tinggi dapat 4,5-6A. Saya make lampu depan H4 45watt bell keong lampu sudah saya ubah jadi full dc.saya coba saya gabung dengan trik ini duoda 5/1 dengan harapan saat jalan plus lampu on tegangan aki dapat mencapai 13-14volt tapi t3rnyata pada posisi langsam hanya dapat 12,3 saat bel keong diaktifkan tegangan turun sampai11,4volt.Menurut bapak bagaimana seharusnya biar keinginan saya terpenuhi terima kasih

Raden Tetuka@blog mengatakan...

Pak zak trik ini saya gabung sama boster pengisian aki plus head lamp h4 45watt trgangan aki maksimal hanya sampai 12,5volt saat lampu om kira kira gimana biar bisa sampai 13-14volt saat lampu on. Lampu dah saya buat dc plus tambahan bel keong yang saya coba dioda 5/1 sudah saya terapalkan sesuai gambar tetep saja pak terima kasih sebelumnya

Raden Tetuka@blog mengatakan...

Pak Zak motor saya gl max lampu udah jafi full dc lalu saya pasang trikboster pengisian kiprok hasil mantap langsam tanpa beban bisa 2,3A 13,1Volt digeber tanpa beban 5-6A 15-17Volt.ketika dipasang beban lampu depan 45watt belakang ori tegangan turun ke 12,3volt.saya coba kombinasi trik dioda sampai 5/1 kondisi beban full seperti diats tegangan aki tetep 12,3 volt malah cenderung turun bila gas posisi langsam.
Mohon bantuanya biar bisa sampai 13/14 volt saat posisi langsam atau pelan kondisi beban full.terima kasih

Solusi battery mengatakan...

lampu ente pakai 45 watt/ butuh arus listrik kurang lebih 4 amper, langsam dapat 2,3 amper, minus 1,7 amper sudah pasti voltmeter aki akan turun, ke 12,3 volt, kecepatan tinggi kan dapat 4,5 - 6 amper, untuk mengganti minus 1,7 amper, kalau berkendara langsamnya hanya 30 % keceptan sedang dan tinggi 70 %, aki akan aman-aman saja.

Ayara mengatakan...

bos...
apakah trik merubah kelistrikan ac ke dc (potong kabel kuning) dan trik diada 5/1 (kabel hijau), jika digabungkan kedua trik ini apakah bisa? ada resikonya gak....
rencana mau sy coba di motor honda supra X 110cc (pemakaian klakson keong 2 biji, lampu HID 35 watt)

mohon pecerahannya... thanks

rakabp mengatakan...

Oh ya Uncle, klo gak salah Supra125 ga ada jalur spul lampu, jd gimana klo hanya ingin modif ke lampu aja, ke aki nggak? tks

Solusi battery mengatakan...

yang penting gas posisi langsam voltage pada area 12,3 s/d 12,6 sudah mantap, jangan sampai turun ke dibawah 12 volt, solusinya : gas langsam agak dibesarkan sedikit !

Solusi battery mengatakan...

kalau kiproknya masih original tidak ada masalah !

as_saif(al_ulya) mengatakan...

mas motor saya pakainya slikon diesel kiproknya tidak ada apakh bisa di kasih rangkaian dioda ersebut?

Solusi battery mengatakan...

silikon diesel ane kurang paham pengertiannya, apa yang ente maksud diode bridge ?

Unknown mengatakan...

bos motor ane satria fu. Hari ini pasang anti tekor seharga 150 ribu..tapi masih tekor aja aki ketika hid menyala disaat bermacet ria..solusinya haris gmana ya bos...
Trus pasang diaoda brp ampere bos...
Dan kabel apa yg dipotong...
Trus alat anti tekornya apa harus dicabut apa dibiarkan aja..alat anti tekor tepasang ke kiprok
thx...

Unknown mengatakan...

om ane mau tanya .. kalo 5/1 atau 3/1 itu pakai dioda yang berapa ampere .. ane udah coba yang 1/1 pakai 2 dioda 6 ampere .. tapi pengisian tetap tidak bertambah .. padahal kabel kuning yang di kiprok sudah di lepas .. mentoknya cuma sampai 13v .. apa mungkin ane yang salah test ya .. ane test kabel multimeter di hubungkan dengan kabel positif dan negatif aki ..

mtor supra 2004, pakai HID langsung ke aki ..

mohon jawabannya ... terimakasih

Wahyu mengatakan...

Malam pak...bisa minta ilmunya?
Kalau untuk motor revo 2008, gimana cara modifikasinya? Komponen apa saja yg diperlukan? Bisa minta skema'nya di email ke sebastian.wahyu@gmail.com?
Trimakasih
Salam

Solusi battery mengatakan...

modif diode 4/1 pakai diode 6 amper, gas langsam dibesarkan sedikit, pasang di kabel negatip kiprok aki dapat powerfull 125%, alat mesti dicabut. kurang signifikan.

Solusi battery mengatakan...

modif 1/1 kurang terasa, biar terasa coba pakai 3/1 atau 5/1.pasti akan fullpower.

Solusi battery mengatakan...

kiprok revo 2008 nyaris sama dengan contoh artikel diatas pakai motor supra fit, jadi modifnya sama dengan contoh diatas. coba pakai 3/1 aki selalu powerfull

Unknown mengatakan...

kalau 5/1 itu pakai dioda yang berapa ampere om ?? apakah 5 dioda 3 ampere dan satu dioda 6 ampere .. atau 5 dioda 6 ampere ??

Unknown mengatakan...

Uncle Zak yg baik..dl bln mei sy modif 5/1 jalur negatif n 3/3 jalur lampu dgn aki kering baru 6A mantap lampu terang n tegangan aki 13,4V, tp barusan minggu kemarin lampu indikator redup,lampu utama berkurang terangnya,tegangan aki jd 12,8V, lampu netral baru nyala saat mesin dihidupkan.. kira2 apa penyebabnya n bgmn solusinya agar lampu tetap terang n aki tdk tekor?. Tq uncle Zak

widhi mengatakan...

Om punyaku smash 2003 udah praktekin 7/1 melalui jalur negatif, pertama coba mantaf tapi dapat 2 hari mengapa waktu nyalakan sein ka/ki indikator lampu netral ikut berkedip-kedip, tlg dijawab ya, thx

Solusi battery mengatakan...

akinya sudah mulai tekor, gelnya/cairan aki sudah mulai mengering.

Solusi battery mengatakan...

modif diode 7/1 kebanyakan voltage aki bisa naik sampai 17- 18 volt, akan berakibat air aki/gel didalamnya cepat menguap efeknya reaksi kimia aki tidak terjadi, maka energy listrik dipasok aki mengecil, ahirnya lampu indikator berkedip, ane sarankan pakai 3/1 satu saja, dan untuk akinya suntik kedalam aki cairan air, contohnya ada di artikel cara servis aki kering.

Solusi battery mengatakan...

semua pakai diode 6 amper semakin mantap !

rakabp mengatakan...

Uncle, untuk ukur drop voltage dioda sendiri gimana caranya? tks berat

Unknown mengatakan...

om saya sdh mencoba pakai model part 1, dan berhasil...tapi sayang lampu depan dan lampu parkir depan dan belakang hanya dipakai 3 hari putus semua...saya pakai lampu standar yupiter mx semua...gmna caranya agar lampunya tidak putus?...sx lagi trims ya om?

rapuma mengatakan...

Tnya uncle, mtorku thunder non kickstarter pake modif yang 3/1 (diodanya 4) ,kabel hijau yg dikiprok dipotong jdi 2, lalu disambungkan dengan rangkaian diodanya,setelah terpasang rangkaian diodanya ada ditengah tengah kabel hijau dikiprok,benarkah sprti itu uncle zack?
Mksh uncle

joentag mengatakan...

Kalau untuk soul gt bisa pake diterapkan?karena soul gt motor injeksi....ada pengaruhnya ke sistem ecu nya?Untuk pulsar 180 yang full wave bisa diterapkan?

joentag mengatakan...

kalau bisa dipasang di soul gt (sekarang pakai lampu philips 35 watt) perlu berapa diodanya?di jalur positif atau negatif?Rencana mo pasang projektor HID dan angel eyes...perlu berapa diode?jalur positif atau negatif?

Untuk pulsar 180 (Ud pasang lampu osram night breaker) tegangan aki pada saat lampu nyala 12,5 V...saya ingin 13 V pada saat lampu nyala. Perlu berapa diode?jalur positif atau negatif?

Solusi battery mengatakan...

coba test ke aki, anoda diode konek ke positip aki, katoda diode langsung tes ke volt meter

Solusi battery mengatakan...

betul !

Solusi battery mengatakan...

modifnya sedang saja 3/1, kalau motor pulsar pakai jalur positip.

Solusi battery mengatakan...

sambungan antar diode terlepas, kiprok jadi unlimited, makanya lampu jadi putus

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

om saya pakai part 1...tapi dlm tulisannya tidak pakai dioda...jadi saya tidak pakai dioda...kalau pasang dioda pasangnya dimana om? mohon maaf ya om kalau saya byk bertanya...trims.

Unknown mengatakan...

om zak...saya sdh coba pakai model part 1...dan berhasil...tapi hanya 2 hari lampunya putus...tapi saya tidak pakai diode.....kalau pakai diode bgmn pasangnya?......trims.

rapuma mengatakan...

uncle zak,spertinya blm terliat efeknya? apakah ada kesalahan?soalnya kbel yg dr kiprok ada 5 yaitu :
1. 3kabel warna hitam mnuju ke kabel 3 warna kuning ke arah sepul/regulator
2. 2kabel wrna hitam strip putih sama merah strip hitam menuju bawah tangki

Klo kabel yg wrna hijau itu dri arah sepul/regulator yaitu ada kabel hijau sama biru trus 3 kabel wrna kuning tdi yg konek ke 3 kabel wrna hitam ke kiprok.
Mohon analisanya uncle zak. Terima kasih

Unknown mengatakan...

om..saya coba pakai model part 1...tapi lampunya hanya 2 hari putus semua...kata om zak sambungan diodenya terlepas...kalau model part 1 saya lihat tidak pakai diode...makanya saya tidak pakai diode.....gmn om carannya masang diode dan brp amper saya harus pasang pada motor mx (2006) saya...trims.

Unknown mengatakan...

Mau nanya om, motor saya pulsar 180 pake lampu hid 55w + klakson keong hella. Akinya langsung tekor. Baikny pake rangkaian yang mana ya? Trus di pasangnya di kabel positif ato negatif. Kabel menuju kiprok ada 6 soalnya. Thx sebelumnya.

Farrah mengatakan...

Uncle Zak..

motor saya kawasaki binter merzy 84'. kiproknya udah setengah mati, bagusnya diganti kiprok punya apa ya? mohon pencerahannya..

Thx Uncle..

Solusi battery mengatakan...

kalau pulsar power listrik lebih besar untuk jalur lampu, paling pas jalur lampu dimanfaatkan untuk cas aki, voltage 14,5 volt sangat idial untuk cas aki, bisa langsung pakai diode konek ke kabel kuning terus konek ke terminal positip aki, atau pakai kiprok legenda/supra.

Solusi battery mengatakan...

semua kiprok basis 12 volt bisa pakai, yang bagus sensor aki dan lampunya kiprok supra fit original

Farrah mengatakan...

makasih om atas infonya..

mau tanya lg nih om sekalian..

spul saya hrs diganti baru, apa cukup ganti tembaganya aja..?

sama saya harus pake rangkaian diatas yg mana om?

Terima Kasih bnyk..

Anonim mengatakan...

salam Mas...
saya ragu dengan kiprok yang saya beli. arus pengecasan dc paling tinggi 7,8 volt. arus pengecasan ac 20 Volt.sedangkan artikel yang saya baca diatas, arus pengecasannya 12V keatas.Saya ukur dengan cara lepas kepala + batere. padahal arus pengecasan langsung dari spul tinggi. Apakah kiprok yang saya beli (F#k**m*)outputnya kecil? Apa saran Mas untuk kiprok yang maksimal?

Solusi battery mengatakan...

sebelum spul diganti enaknya diukur terlebih dahulu voltagenya atau tes pakai lampu 35 watt atau 100 watt jika nyala artinya spulnya masih bagus

Solusi battery mengatakan...

kiproknya bagus pengecasan dc 7,8 artinya voltage aki bisa mencapai, 15,6 volt, karena 1/2 gelombang terbaca 7,8 volt.

Unknown mengatakan...

permisi uncle mau tnya berarti potongnya dikabel output kiprok kan? Bukan dikabel input kiprok.bner ga bang zak?

Unknown mengatakan...

untuk yg mau pakai modif ini dan ga mau repot soldernya krn ga punya solder,,,ane sarankan untuk sambungan tiap2 dioda pakai terminal yg ukuran 4 mm yg biasa dipakai utk sambungan kabel rumah,,,terminalnya ada skrupnya,,,trik terminal ini cukup membantu utk bisa keinginan kita pakai berapa banyak diodanya,,,harga terminal satu renceng isi 12 pcs 5 rb perak aja,,,smoga bermanfaat,,,indahnya berbagi

Unknown mengatakan...

buat agan agan skalian yang ga mau repot untuk solder untuk susun modif ini,,,atau memang ga punya alat soldernya,,,hehehe
ane sarankan untuk sambungan masing2 dioda gunakan terminal yg biasa dipakai utk instalasi rumah,,,yang ada sekrupnya itu loh,,,terminalnya pakai yg kecil ukuran 4 mm cukup,,,tiap2 sambungan dioda pasti akan mantap dan kencang tidak akan ada bresiko modif jadi unlimited,,,1 renceng terminal 4 mm isi 12 pcs harganya 6 rb perak aja koq murah,,,salam super om zak,,,indahnya berbagi

Unknown mengatakan...

Maaf saya tanya...

saya masih belum paham, jika rangkaian dioda 5:1 atau 3:1 menggunakan dioda 6 ampere semua berarti hasilnya berapa volt?
karena pada keterangan diatas hanya ada 0,6 dan 1,2 volt saja

saya pikir apa dioda 6 ampere jg bernilai 0,6 volt jadi jika rangkaian 2:1=0,6x2 hasilnya 1,2volt, kalau 5:1 apa hasilnya 3 volt 6 ampere?

Terimakasih mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

O iya uncle satu lagi...kenapa perbandingannya dengan 1 dioda?

ben_Tank mengatakan...

om cara aplikasi ke tiger revo gmna ya,sy sambung dioda3/1 ke kabel hitam kiprok,sikring malah putus, dan kunci kontak ga mau on,mohon solusinya,

Unknown mengatakan...

uncle zak,, saya mau tanya,, motor saya minerva 150., setiap kali menyalakan lampu-lampu aki saya selau tekor dalam waktu -/+ 1jam,, padahal penggunaan bohlam masih standart.
modif di atas apakah bisa di jadikan solusi...??? dan baik makai yang 5/1 atau 3/1..??
mohon pencarahannya...!!1 terimakasih

Unknown mengatakan...

om zak... kok minerva saya tegangan chargernya masih sama/ gak berubah ya...???? saya sudah coba make dioda seperti di jelaskan di atas,, dari negatif atau pun positifnya kiprok. tegangan di antara 12 s/d 12.6 volt

kira2 motor saya bermasalah di apanya ya om...>>
mohon pencerahaannya...!! terimakasih

Unknown mengatakan...

om.....????

adip-miracledays mengatakan...

minta saran bang, klo motor supra x 2004 aki pakai 12v/5A, modifikasi yg pasling pas bwt isi slalu full dan lampu terang serta aman dipakai lama bgamana? mksh bang

Irmansyah Laudin mengatakan...

Hallo Uncle Zak, tulisannya keren banget dan langsung semangat lagi nih ngutak utik motor ane.
Motor ane cbr400f thn 1983, alternator output 5 kabel. Mohon pencerahan, 3 kabel warna kuning ini langsung ke kirprok yakan dari kiprok keluar 2 kabel hitam sama merah? Lalu 2 kabel output dari laternator kira kira kabel apa ya dan apakah dihubungkan ke kabel hitam dan merah kiprok? Mohon pencerahan ya Uncle.

Thanks, sukses selalu.

irman

Solusi battery mengatakan...

kalau lihat kasusnya biasanya aki sudah sangat sulpate, aki yang sudah sulfate akan sulit mencapai voltage 14,5 volt biasanya mentok di 13,5 volt efeknya aki panas, mesti beli aki baru.

Solusi battery mengatakan...

modif dijalur negatip pasang 2/1 atau 3/1 sudah mantap !

Solusi battery mengatakan...

3 kabel kuning dari stator menuju diode bridge, outputnya kabel merah ke positip aki, hitam ke negatip aki, 2 kabel lagi satu ke kunci kontak positip, kemungkinan satu lagi ke body

Unknown mengatakan...

Misi bos...
Saya punya buat thn 2010 saya sudah pasang lampu HID aksesori masih std,saya sudah pasang 5/1 diode smua 6 amper tapi masih aja tekor aki y, malah saya gas rata sekitar 20 menit diode y panas banget dan hasilnya masih aja sama tetap tekor aki y.
Mohon pencerahan y bosss..

Unknown mengatakan...

Misi bos....
Saya punya honda beat thn 2010 saya sdh pasang lampu HID yang lain masih std aki y selalu aja tekor namun setelah pasang diode 5/1 6 amper tetap aja tekor malah sayang gas rat sekitar 20 menit eh malah panas banget diode y dan hasil y masih aja tekor.
Mohon pencerahan bosss...

Unknown mengatakan...

uncle...
kabel arah ke kiprok..kabel massa dipotong lalu di hubungkan ke diode 5/1 6A. kemudian kabel massa arah dari kiprok diapakan ????kemudian kabel negatif dari aki dihubungkan ke mana ????

Solusi battery mengatakan...

kalau pasang HID tingkat penguapan gel/air aki lebih cepat, dipastikan unsur air didalam plat aki sudah menguap habis, maka energy listriknya menjadi kecil/soak, mesti beli aki baru, atau akinya diservis/disuntik tambah air asam.

diode panas biarkan saja, sudah tugasnya diode dan bisa bekerja sampai suhu 175 derajat celcius

Solusi battery mengatakan...

cara pasangnya dibawah gambar 6

Unknown mengatakan...

terimakasih om atas responnya...
tp aki saya gak panas... dan setelah saya coba memakai aki baru, dan kiprok juga ganti,, kasusunya masih tetep saya...
apa mungkin karna tegangan dari spulnya terlalu kecil ya...??? mohon pencerahan mengenai tegangan standar yang kaluar dari spul (ada 2 kabel dari spul menuju kiprok) /// bagai mana cara mengatahui kalo spul kita yang bermasalah...

terimakasih om

Unknown mengatakan...

om....??????

Unknown mengatakan...

saya sudah ganti aki baru,, tp tetep aja gak bisa angkat tegangan ampe 13 volt,, apa kemungkinan ada masalah dari teganhga spulnya...???
mohon pencerahaannya om....???
ada gak artikel yang membahas untuk meriksa spul rusak..???

Solusi battery mengatakan...

cara test spul sederhana : copot kiprok dari soket, tes pakai lampu 100 watt mobil, semua aksesoris motor matikan dahulu, hidupkan motor, siapkan kabel : satu kabel konek ke kabel putih, satu lagi ke body/rangka motor hubungkan ke lampu 100 watt bisa juga ke 55 watt, jika lampu nyala dan sinarnya mantap dipastikan spulnya masih bagus, jika tidak lampu tidak menyala mesti ganti spull

TBI Skills mengatakan...

wow, mantap juga tutornya sangat lengkap... folback gan

Unknown mengatakan...

malam uncle zak,
ilmu yang dasyat nih. cuma masih bingung kenapa uncel merekomendasi untuk meletakkan diodanya di jalur negatif yang menuju ke grond/boddy?
lalu dimotor saya untuk mengambil jalur negatif untuk aksesoris selalu mengambil di boddy. apakah kalo saya memasang diodanya di jalur negatif mengarah ke grond.boddy akan berpengaruh pada kinerja dari aksesoris dimotor saya?
mohon penjelasannya uncle zak

karyakoe mengatakan...

Malem Pak De. motor sy Honda Supra X 125 D (NF125SD) 2005, sy sdh rangkai dioda sesuai gbr 3 (rangkaian 5/1, bohlam Osram Halogen 35w, dioda 6 x 6 amp) tp pas rangkaian disambung (sesuai gbr 3.) kok ga nyala. mohon penjelasannya. Tx be4.

Unknown mengatakan...

Om zack, kalo motor saya pk metode diatas, apakah aki akan terisi full setiap hari ? Motor sy karismaX pk lampu led cree, klakson keong, lampu blitz, starter elektrik, lampu belakang msh yg standar 20 watt. Kalo setiap hr terisi penuh, apakah tetap perlu 2 bulan sekali di charge. Trims

Unknown mengatakan...

om mio soul saya pakai lampu HID enak nya pakai diode berapa biji?

Solusi battery mengatakan...

pakai diode 3/1 sudah mantap, diodenya pakai tipe diode silicon 6 amper

Unknown mengatakan...

kalo pakai 6/1 cocok gak om?

Unknown mengatakan...

om kok aki saya jadi panas semenjak pasang diode
saya pakai aki kering om

Solusi battery mengatakan...

modif pakai 6/1 kebesaran, kalau akinya dobel atau pakai aki 7 s/d 10 amper mantap

Unknown mengatakan...

Mas bro punyaku Honda supra fit,tapi meskipun sudah melakukan perjalanan jarak jauh,aki gag mw ngisi,udah ganti kiprok n aki juga,tp masih tetep.mohon solusinya.....thanks!

maul mengatakan...

salam kenal bang Zak, mhon bantuannya saya mau modiv kiprok pake jalur negatif utk motor RX King bagusnya pake yang 5/1 atw yang 3/1, trus utk kabel hijau/hitam yang putusannya penjelasan dari bang zak kan supay dibiarin aja..gmn klao kabel yang putusannya disambung dari kaki dioada ke negatif aki & kebodi (paralel dari kaki dioda ke negatif aki dulu lalu kebodi) seperti gambar rangkaian diatas, mohon penjelasannya apa ada dampak negatifnya & klo sempet mhon bls ke email saya maul35142@gmail.com, terima kasih...

Wijaya Rusli mengatakan...

Salam kenal uncle Zak,

terima kasih udah berbagi ilmu yang sangat berharga ini.
mau tanya, apa warna cabling semua motor itu sama ya?
kalau buat motor kawasaki kaze dan zx 130 saya gimana modif yang paling pas, motor ga ada dikasih beban aneh2, standart aja. cuma pengen lampu sedikit lebih terang di rpm rendah sampai sedang. mohon pencerahannya uncle Zak....

salam.....

an mengatakan...

Nanya om... Motor ku thunder 125, Apa bisa kabel output negatif kiprok yg sdh dipotong disambung ke rangkain dioda lalu disambung kembli kabel yang satunya... Tdk di konek ke massa... Krna ujung kabel yang satunya ke massa pula... Terima kasih

Solusi battery mengatakan...

sepertinya ada kabel yang putus, kabel kiprok warna merah ke aki

Solusi battery mengatakan...

kalau mau lampu lebih terang coba modif lampu model part 2

Solusi battery mengatakan...

bisa dipsang dikabel negatip kiprok pasang saja model 2/2 atau 3/3 pakai diode 6 ampere

Ud.Berkah Jaya Abadi mengatakan...

Gan motor ane star, ane sdh coba pakai 6 dioda setlh sy cek tegangan malah turun set volt, gmn solusinya?? gan accu baru kiprok baru, Ampe.aq bw ke ahas 2 x tetep tekor accunya pdhl.lampu terang

Wijaya Rusli mengatakan...

salam kenal uncle Zak,

met tahun baru 2014, terima kasih telah banyak berbagi. tulisan2 uncle Zak telah banyak membantu saya dalam mengupgrade performa kelistrikan motor dengan biaya yang relatif murah.
Masih berhubungan dengan kelistrikan, saya kalau boleh minta tips atau cara2 sederhana untuk meningkatkan performa pengapian, misal: memperbesar pengapian busi dll.....
thanks in advance uncle Zak....

Solusi battery mengatakan...

betul, ane juga kepengen bahas masalah cdi, seperti booster cdi ac, hyper cdi, cdi DC mungkin 2014 akan dibahas !

an mengatakan...

Apa bisa om.... Kabel output negatif yang di potong trus kedua potongan kabel tersebut di konek dioda jdi tak ada ujung dioda yang konek lansung de body.

an mengatakan...

Motor ane thunder 125 om....
Apa bisa om... Kedua ujung rangkaian dioda konek kemasing atau pada kedua potongan kabel ouput negatif kiprok jadi tak ada ijing dioda yang langsung konek ke body.
Terima kasih om

bisnispulsa murah mengatakan...

Om zak itu paralel diodanya yg fersi 1/1 katoda ke anoda ya apa katoda ketemu kataoda apa gmana maaf mhon pencerahanya

bisnispulsa murah mengatakan...

Maaf mau ganggu dikit mau nanya modif kiprok tambah daya,itu pasang diodanya di paralel apa di seri kataoda temu katoda apa gmana,terima kash banyak

Unknown mengatakan...

sebelumnya motor supra 125 saya pasang capasitor 3300uF 25 Volt yang disambung dengan aki, kaki + disambung dng katub + pada aki dan kaki - disambung pada katub - aki. Hasilnya power makin mantab, doubel stater langsung jrenkk...
Setelah membaca artikelini, saya mencoba aplikasikan di motor kesayangan dengan coba pakai 3 dioda 6 ampere 1/2 disambung ke kabel hijau kiprok dan ke massa/ body. Diukur dgn afometer digital terbaca 14,78 volt pada RPM sedang, 15,89 volt ( mantab). Kalo sebelum dipasang dioda hanya 13,50 volt. Tetapi setelah berjalan 1 minggu aki saya malah ngedrop tidak bisa pakai doubel stater. Padahal pemakaian normal tanpa lampu tambahan. Apa ada yang salah uncle??...mohon arahan/bimbingan.

Solusi battery mengatakan...

sangat bisa !

Solusi battery mengatakan...

1/1 maksudnya katoda diode satu ke anoda diode dua, katoda diode dua ke anoda diode satu

Solusi battery mengatakan...

tidak ada yang salah, aki motor ente cairan elektrolit didalamnya sudah kering, disuntik lagi saja pakai air zuur atau beli aki baru.

Unknown mengatakan...

nanya donk uncle zak,
praktekin rangkaian 2/1 dijalur negatif, buat kawasaki ZX 130, koq pas di geber rpm 6000 selama 10 detik, diodanya panas banget ya, ga bs di pegang. tadinya saya pikir ampernya kurang, tapi setelah coba di paralel menjadi rangkaian 2+2/1+1, tetep aja panas.
apa spec diodanya ga pas ya? sy pake dioda 6A type 6A05, yang kalo saya baca di literaturnya(diodes.com) peak voltagenya cuma 50V, sebenarnya berapa tegangan yang bisa lewat dikabel negatip tsb ya? soalnya kabel negatipnya kecil banget uncle, bukannya itu ciri2 high voltage but low ampere? thanks in advance uncle, tolong pencerahan buat sy yg msh newbie ya.....

bisnispulsa murah mengatakan...

Om zak mau tanya kalo revo110 mau rubah kelistrikan fullwave pake trik diode jalur negatip kira2 bisa gakya?? Apa harus pake boster..kira2? thax

Solusi battery mengatakan...

semua diode jika ada beban pasti panas, diode dirancang bisa bekerja sampai suhu 150 derajat celcius, voltage pada area kiprok tipe acdc maksimum 30 volt, karena sudah diregulsi oleh scr, pakai diode 6 amper sudah memadai. biarkan diode bekerja sesuai dengan fungsinya, jangan disentuh !

Solusi battery mengatakan...

pasang booster lebih mantap !

Unknown mengatakan...

Aslmkm...kalo suzuki smash kabel warna apa ya om yg hrus saya potong dan bagudnya pake yg brapa ya om trimz...

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Koleksi Gambar mengatakan...

Uncle. . .
spda MPku udah tak rubah sistem kelistrikan kayak punya GL.
Spul udah ane ganti punya GL, ane gulung lagi 5 untuk lampu (Lampu H4 55/60), 3 untuk Pengisian Aki. Kiprog pake punya Vega Body Fiz R. ada tmbahan Klakson besar 1 ekor.
Alhasil Tetep kalah pengisiannya.

trus ane harus pake rangkaian yang mana ??
catatan: Aki ane baru beli GS 5 Ampere (aki kering)
terima kasih...

Agus mengatakan...

Uncle Zak, nanya dong.... Ditunggu jawabannya.... sudah kepengin praktek neh...
Motor saya megapro 2003, saya udah pasang kapasitor 2 buah 10000 uF/100V lampu h4 lupa wattnya mungkin 50/60 kali. Kalau lampu depan nyala, suara klakson jadi kecil. Kenapa ya?
(kabel kuning dari alternator ada dua, apakah dua-duanya sama?)
Kemudian kalau mau coba modif kiprok dengan dioda bagusnya pakai yang mana? trus dikabel mana? soalnya kabel dari kiprok ada lima (merah(1), hitam(2), hijau(3), kuning(4) dan kuning(5)). Bingung uncle di kabel hitam atau hijau? soalnya kalau salah potong kabel kan sayang. Jadi gak rapi lagi hehehe..... Tolong uncle zak.... ditunggu.

Anonim mengatakan...

Bang Zack, mau minta pencerahan nih. Saya pakai Absolute Revo sudah hampir 4 tahun modif full wave pakai kiprok (rectifier) Tiger, sekalian gulung ulang spull (stator). Waktu pakai HID dengan ballast 35W ga ada masalah, tapi waktu saya pakai ballast 55W ternyata ga kuat ngangkat (kasusnya sama kayak waktu belum modif full wave, jalan 1 jam aja langsung mati HID nya), belakangan juga lampu mulai agak ikut putaran mesin (rpm tinggi lampu agak lebih terang), apa kiprok nya sudah lemah atau bgmn?

Saya sudah coba kasih kapasitor 50V 10.000uF dua buah seperti yg bang ajarin masih sama, saya juga sudah coba tambah dioda 6A 3 buah baik di jalur negatif maupun positif untuk tambah voltase 1.2V masih sama. Kira² apa saya perlu tambah dioda lagi atau bagaimana? Waktu HID 55W hidup, voltasenya mentok di 12.4V-12.6V kadang 12.3V padahal rpm sudah cukup tinggi. Klo langsam rasanya dibawah 12V alias di kisaran 11V lebih. Apa ada solusi untuk masalah saya?

Unknown mengatakan...

Tlah ku pasang di supra x tp hasilnya nihil....gimana nih agan......aku pasang persis gambar nomer 6.... Tp gak ada hasil.....aki baru...tetep aja pengisian cm 12 volt...

Unknown mengatakan...

Sebelumnya supralu langsam 12.1 di geber 13.2. Setelah aku pasang dioda 5/1 kok gak ada peningkatan ya.. Mohon solusinya dong....padajal udah baru..gs astra....aku pasang dioda dengan gambar nomer 6.... Gimana nih bos broowww......

Solusi battery mengatakan...

pakai hid 55 watt butuh arus listrik = 4, 5 s/d 5 amper, saat start awal hid butuh 7-8 amper, sudah pasti tekor, kemampuan power stator rpm rendah 1,5 amper sedang 4 amper kecepatan cahaya maksimum 7 amper, pakai HID 35 watt lebih pas.

Solusi battery mengatakan...

coba sekarang tes model anlimited, kabel hijau dipotong, lampu motor matiakn dahulu, jika voltage aki tetap tidak ada perubahan, kemungkinan ada yang putus kabel merah atau sekeringnya putus.

Unknown mengatakan...

Uncle, ane ada vario lama 2007, lampunya pakai dr sepul/ac redup bgt. Rencana mau saya ganti ke dc untuk lampunya, aki masih standart ga pakai embel2 bel pesawat ato lampu sokle. Apa bs tahan aki standart jika saya ubah ke dc 35watt non HID? Pakai rangkaian apa?
Trims..

Unknown mengatakan...

OM MAU NANYA, KOK SAYA PAKE KAPASITOR BANK 50V 10000MF (2 BUAH) AKI KIAN HARI MALAH TEKOR PADAHAL PAKE AKI BASAH, TERUS UNTUK PASANG DIODA DI KIPROK PULSAR 135 SUDAH FULL WAVE, ADA KABEL PUTIH,BIRU,BIRU, HITAMLEREK KUNING, NAH PASANG DIODANYA DI KABEL YG MANA. TRIMAKASIH

Unknown mengatakan...

Pake 2/2 dari kiprok skywave, ujung dioda tempel ke body...ujung satunya dilem bakar...
ehhh...CDI VARRO NGEBULLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

joentag mengatakan...

Brow...motor saya soul gt ud di fullwave..bisa gak ditambah dioda di jalur negatif?Saya mo pake 3/3

Mahfuz Fauzi mengatakan...

bang zak, mo nanya dan mohon petunjuknya neh, motor saya vega zr, dari umur sebulan aki udah ngedrop waktu saya bawa ke bengkel resmi ga ada solusi dari yamaha, teknisinya bilang emang vega ini pengisiannya kecil sehingga sering ngedrop. sampe ada yang bilang ganti ajah kelistrikannya sama vega lama. yang saya mo tanya masalahnya apa ya bang biasanya bisa ga pake solusi di atas. biar ga ngecarg aki mulu

Unknown mengatakan...

om , motor saya supra x 100 thn 2002 .
aku pake klakson denso punya innova 2 biji .,suaranya kurang spontan om kalo di bunyikan apalagi saat bersamaan nyalain lampu sein , padahala udah pake relay ..
saran om mending modif kiprok yang gimana ??

Unknown mengatakan...

om ??

Unknown mengatakan...

salam kenal om zak...
om saya mw nanya ni....bagusny pake cara ap y n diodany....soalny motor saya ud full dc..motor cb150r...ud pake bnyk aksesoris lampu...accu ny 12v&6 am...saya bingung ni om........thank om...hope replayny.....

John Reggae mengatakan...

klo kiprok megapro 2005, sensor ada di pin brapa uncle....??

John Reggae mengatakan...

om, mtor saya mgpro 2005, klo mau modif, pke rangkaian brapa ncra psangnya gmna, yg dputus kbel kiprok wrna apa (mengingat kiprok mgpro ada 5 kbel.. 2 kuning dri alternator, merah, hitam, hijau)....n arah anodanya kmana??....mhon pencerahnnya uncle.... matur suwun..

arief mengatakan...

Klo buat kaze yang sudah d rubah ke fullwafe full dc pake kiprok tiger....dioda di sambung ke pin brapa....1,2,3(atas) n 4,5(bawah)...trus bekas kabel yg terputus do biarin apa d konek ke body motor....

Unknown mengatakan...

.darurat uncle, tolong segera di jawab, soalnya siang nanti motor mau di bawa kuliah, please!

.uncle, untuk yamaha jupiter mx 2009 (mx lama), massanya warna hitam kan?
.saya udh coba pasang dengan rangkaian diode 1/1 sebesar 6A, setelah saya pasang ke kabel hitam yg ke kiprok saya coba hidupkan mesinnya, trus saya gesek2an ke rangka ujung kabel yg ada rangkaian diodenya tadi, nah disini ini saya takut, soalnya ada percikan api.korsleting yg apinya cukup bikin kaget, apakah itu normal uncle?
.trus, setelah saya coba konekan semua kabel2nya sebagaimana mestinya, saya run motor dgn posisi standar2/statis...kok diode & kabelnya jadi panas ya? akinya juga airnya langsung mendidih, padahal blm ada 2menit saya hidupkan motornya, apakah itu normal uncle? takutnya over charging & meledug akinya :(
.yg terakhir, bermasalah/berresiko tidak jika saya aplikasikan ini untuk motor standar harian yg yg cuma kepasang aksesoris klakson keong?

Solusi battery mengatakan...

pasang diodenya kurang pas soldernya kurang bagus, ujung diode satunya yang konek ke body harus kuat, saat ini pengisian motor jadi unlimted alias kabel hitam tidak konek ke body. nanti ane terbitkan modif kiprok part 2 agar pasangnya lebih simple.

widhi mengatakan...

Uncle zak klo diode biasa diganti zener tapi voltase sesuai kita inginkan?

asri91 mengatakan...

mau nanya mas : mtr sy tiger 2005, baru seminggu yg lalu ganti aki MF tp baru 3 hr pake sdh ngedrop (saat lampu utama nyala bunyi klakson sngt lemah/lampu meredup) kecuali kalo sdg melaju di atas 60Km.
terakhir 2 hr ga dipake kelistrikan mati( ga bs distarter tangan maupun kaki, jg busi ga keluar percikan api sm sekali), setelah sy cb charge 3 jam sistem kelistrikan normal lg, kecuali pencet klakson saat lampu utama nyala ttp sj ga kuat/lampu meredup) padahal ketika kmdian sy cb lg starter tangan maupun kaki msn merespon dgn baik/normal),
mohon petunjuk solusi dan pencerahaannya. tksh.

asri91 mengatakan...

mohn pencerahanniya mas : mtr sy tiger 2005 akhir2 ini suara klaksonnya lemah pd saat lampu utama sdng nyala, kecuali kalo pd putaran gas kencang atau lagi melaju di atas 60 km. padahal aki baru ganti seminggu yg lalu dgn aki MF.
mohon solusi terbaik untuk masalah tsb. tksh.

Unknown mengatakan...

Salam Kenal Om Zak.......
Saya mau tanya untuk nambah daya aki motor honda revo supaya tidak tekor........!
Kabel hijau dipotong, kabel hijau yang masih nyambung dengan kiprok disambung dengan dioda 1/1, dari dioda ke body, trus kabel hijau yang satu di diamkan/lakban atau di sambung....!
Praktek (Kabel yang ada di kiprok warna hijau dipotong, kabel hijau yang masih nyambung dengan kiprok disambung dengan dioda 1/1, dari dioda ke body, trus kabel hijau yang satu di diamkan/lakban) Kenapa tidak berpengaruh ya, terus kenapa aki tambah tekor/berkurang ya...!
Tolong Pencerahannya Om Zak....
(Kalau untuk tambah daya aki motor Yamaha Mio J bagaimana Om Zak......!) Trims

Unknown mengatakan...

@Johan Bejo : Suzuki Thunder 250 lampu depan aslinya model H4 55/60 seperti mobil Bro.... kalau 100watt artinya sudah pernah diganti tuh....

ALIP APRIYANTO mengatakan...

Uncle zak aku ♏αΰ tanya, mtor saya supra x 125R Чǝлƍ head lamp nya 2 dan masih bohlam standar, klo ♏αΰ dikasih cara ini bsa Ǥǎ̜̣̍ƙ ...? Trims buat jawabannya...

Unknown mengatakan...

misi uncle ane mau nanya nih motor ane kan revo absolute...ane mau ganti kiprok pakai kiprok tiger kan katanya bagus tu suapaya aki gak tekor... yg mau ane tanya bahanya apa saja yah.....trus pemasanganya rumit atau tidak.......untuk orang awan spt saya kira2 bisa melakukanya ato tidak yah..

Unknown mengatakan...

misi uncle ane mau nanya nih motor ane kan revo absolute...ane mau ganti kiprok pakai kiprok tiger kan katanya bagus tu suapaya aki gak tekor... yg mau ane tanya bahanya apa saja yah.....trus pemasanganya rumit atau tidak.......untuk orang awan spt saya kira2 bisa melakukanya ato tidak yah..

Unknown mengatakan...

uncle ada buka tmpt pemasangan kiprok tiger ke vario cw gk ya? tlg bls ke skyshade79@gmail.com ya. makasih

Unknown mengatakan...

om zack saya mau tanya . saya punya cb trus spul udah digulung ulang .kiproknya pake gl .pengapian dc platina .tapi ketika saya test kiproknya putaran idle mesin mencapai 20-30 V .saya pakai jalan sampai kisaran 10km kok tiba2 mati dan ternyata akinya tidak melakukan pengisian ,,, mohon solusinya

Unknown mengatakan...

uncle, ane pnya motor beat , aki sering low, byar bgus paki rangkaian dioda berpa buah, kiprok ngk perlu ganti kan gan? tanks

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum gan, syh tertarik elmu yg agan berikan, syh pya vari thn 2006, mau pakei lampu hid dua buah, tanpa ngerubah ciprok tanpa gulung sepul, gmna caranya gan supaya bsa terpasang lampu hid syh supaya kuwat ngga tekor akinyah

Unknown mengatakan...

Motor sy grand 97 mau coba modif 1.1 pakai dua dioda, apakah harus dipasang dijalur merah/pengisian aki atau bisa di jalur ground? Trims

Unknown mengatakan...

Apa bedanya arus yg mengalir dari kiprok ke aki lewat kabel polos dibanding dengan lewat dua dioda seperti gmbar diatas?

Unknown mengatakan...

Untuk fu bgaimana caranya, mhon infonya tks

Unknown mengatakan...

om trik mana yg pas nih buat mtor yg double klakson?biar akinya dalam keadan fuul trus!mtor sya supra x 2002,pke klakson mobil merk hella.mhon pencerahanya..........

Unknown mengatakan...

slmat mlam bang uncle zak
mhon bantuan nya....
motor ane suprafit 2004,arus listrik udah full dc ,saya pke accecoris tmbhan yaitu lampu kolong,klakson kapal,lampu utama bohlam osram 35/35 x 2..
pertanyaanya sya mau pasang regulator kiprok menggunakan diode brpa supaya aki gk tekor.dan rangkaian positif atau negatif?mohon dim nya bang,soalnya saya awam sekali dengan kelistrikan,trima kasih

Unknown mengatakan...

mau tanya nech om, motor saya mega pro utk kelistrikan kugh sering konslet knapa ya om, trs utk solusi modifikasi kiprok untuk megapro pake yg mn n pake brp ampere diodenya om? thanks sangat sebelumnya.
7 Passenger Vehicles

kolong ilmu mengatakan...

maaf mas numpang bertanya kalaw accu 75 amper dengan charger 20 amper kira2 pake dioda berapaya pasnya biar pascharger ga ada arus balik mas terimakasih...

kolong ilmu mengatakan...

maaf mas numpang bertanya kalaw accu 75 amper dengan charger 20 amper kira2 pake dioda berapaya pasnya biar pascharger ga ada arus balik mas terimakasih...

Uhendrayana mengatakan...

om mau tanya kalo pake 3 dioda alias tambahan 1,2v ,itu diodanya semuanya pake 6 ampere semua atau gimana ?

Unknown mengatakan...

bos sorry saya masih awam nih sama penjelasanya kalo untuk satria f tahun 2003 enaknya pakai rangkaian dionde berapa ya soalnya lampu depan redup pas sen di nyalain lampu utama ikut ngedip

tolong kirim penjelasannya ke sini ya omm m_bengs@yahoo.com

thx

Anonim mengatakan...

gan... ane pake cara 3/1 dioda 3A mantap. karena ane mau tambah bohlam 55w + horn kapal ane naikin jadi 5/1 dioda 6A. awal berjalan mulus tapi ketika gas ditarik 5 detik semua indikator mati (tlakson kecil+horn kapal+indikator nomerik) hanya bohlam tetapnyala tapi redup. ane matiin lampu 10 menit kemudian seluruhnya hidup termasuk stater normal. karena nyangka udah normal. supa x 125 2006 ane bawa keliling komplek. tarikan awal standard 10 menit kemudian tarikan sedang mati semuanya termasuk motor endut-endutan. 20 menit kemudian motor ditarik karena udah enggak sanggup ngegas. gan ada kesalahankah pada pemakaiian dan perhitungan saya. sebagai catatan semua arus ane ambil dari aki, kabel kiprok cuma jalur negatif aja ane ikutin teori agan. mohon pencerahan

Unknown mengatakan...

klo buat motor rk king sama aja atau gmna bang????

muhammad astoni mengatakan...

mantap suhu uncle zak kasih arahan buat riders
mau nanya nih suhu!! kl mau pasang lampu HID ke shogun NR 2009 tp nggak pake ubah ke fullwave bisa nggak?? mksh bnyk atas infonya..sukses selalu.

edwin.wijaya mengatakan...

Uncle zak..

Motor saya jupiter MX new. Skrg posisi lampu depan arus DC. Untuk stabilkan aki, sy pakai model gmn ya?

indrawan Darmansyah mengatakan...

Pencerahannya om...motor ane tiger revo,,,lampu autopal 90/100,,klakson keong,,udh pake aki binter mersy yg 10 amper...walupun dah ganti aki bru juga aki cpt drop...nah mungkin ada solusi nya ny pake dioda....pertanyaan saya,,harus makai cara yg mana rangkaian diodanya n arahnya..di kiprok ke kabel/no yg mana,,,,trs klo pakai resistor di kiprok buat lampu besar perlu ga sih...mohon pencerahannya yg agak detail ya om,,,rada gelap soalnya klo bicara soal listrik motor...di tunggu om urgent tks

indrawan Darmansyah mengatakan...

Izin nyambung om...motor sya TIGER REVO 2012,,sudah pakai lampu autopal 90/100,,aki 10 amper,,klakson keong,,aki ttp cepet drop walaupoun pakai 10 amper.mudah2an pake dioda solusi yg cocok....pertanyaan saya,sya harus memakai metode yg mana,,kabel kiprok yg mana,,arah diodanya,(takut kebalik)di tunggu pencerahannya.....di tunggu yavom urgent tks

zickkeen mengatakan...

Met siang uncle, motor saya Honda karisma 125 dengan mode standart, awalnya accu saya tekor. Setelah dicek ternyata regulator/kiprok hanya mampu mengeluarkan ±5v dan voltase menurun jika rpm semakin tinggi.
lalu saya belikan regulator merk fukuyama voltase justru malah ±20v dalam keadaan rpm rendah.
pertanyaan saya, apakah masih bisa menormalkan voltase listrik dengan regulator yg sudah saya beli tersebut? atau harus menggunakan teknik lain untuk menormalkan voltase motor saya?

trimakasih.

Bayu mengatakan...

Apakah bisa diperjelas tentang jalur kabelnya? Saya masih agak bingung dengan teknik pemasangan headlamp motor tiger yang sumber arusnya diambil langsung dari generator.

Riskah ball import mengatakan...

HARI INI KAMI ADAKAN PROMO TERBARU & TERMURA TERBESAR DARI SARTIKA SHOP BERBAGAI TYPE HANPHONE SEPERTI>SAMSUNG>BLACKBERTY>NOKIA>IPHONE>SMARTFREN>LENOVO>ASUS ZENFONE>ADVAN>OPPO>SONY XPERIA>LG>XIOMI>APPEL>LEPTOP ACER>LEPTOP DELL>LEPTOP TOSHIBA>KAMERA CANON>KAMERA NIKON>DLL
Bagi Yg Berminat Silahkan Hubungi
Kami Melalui.
Via Tlpn/ Via SMS / Via BBM :
PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237

Cara Order Online Silahkan.
Isi Forum PemesananSeperti Berikut :
- Nama Lengkap.
- Alamat Lengkap.
- No. Tlpn/HP
- Kode Pos Daerah Anda.
- Type Barang.
- Warna Barang.
- Jumlah Pesanan.

Kirim Melalui Via SMS Atau Via BBM.
PIN BB : 264093EF .HP : 085-756-676-237
website:www.sartika-shop.blogspot.com/
Selamat Berbelanja Dan Terimakasih,,,,

Unknown mengatakan...

Bermanfaat Sekali Gans Artikelnya. Ditunggu Kunjungan Baliknya yah ^_^
Modifikasi Motor Mio Air Brush Velg Jari-Jari
Modifikasi Motor Mio Fino Full Airbrush
Modifikasi Motor Mio J Gaya Thai Look
Modifikasi Motor Mio Soul 2010
Modifikasi Motor Mio Soul GT
Modifikasi Motor Mio Soul Standar
Modifikasi Motor Mio Sporty Bergaya Thailand Look
Modifikasi Motor Mio Tahun 2010-an

Unknown mengatakan...

apakah ini bekerja pada spul yang ga normal? motor ane thunder 125 posisi normal aki ada pengisian walaupun cuma 12, 79-12,90v tapijika lampu nyala maka tegangan turun ke 11,8v.

Solusi battery mengatakan...

normalnya tanpa beban lampu pada area voltase aki 14 s/d 14,5 volt, ada beban lampu rpm sedang voltage pada area 13,5 volt

Solusi battery mengatakan...

mantap infonya, siap meluncur ke area


Unknown mengatakan...

nah pake cara uncle apakah bisa? karna output spul cuma 40v. output regulator segitu. nah apakah cara uncle bisa digunakan? klo bisa itu dioda jenis apa dan serinya berapa?

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Om...Maaf mengganggu sedikit.
Motor saya bajaj pulsar 200 dan aki 10 A. Masalahnya : kiprok semakin panas, akibatnya lama-kelamaan aki tekor. Kondisi saat ini : setelah aki dicas kembali dan kiprok dicabut (tidak diaktifkan), maka motor bisa ditarter, lampu-lampu bisa hidup dan klason bisa aktif. Partanyaannya : (1) apakah kiproknya rusak ? (2) apakah ada "kiprok subtitusi" dari jenis motor lainnya ? (3) bagaimana caranya memodifikasi kiprok tersebut ? Mohon bantuan informasi dan saran lebih lanjut dari Om Uncle. Terimaksih. Wass......

Unknown mengatakan...

Malem uncle zak yg baik hati..
Itu pemasangan dioda lwt jalur negatif, kabel dari kiprok di sambung k negatif aki y? Apa lagsug konek k body motor ?? Motor saya New Vixion Uncle..

Mksih bnyk Uncle zak...

Rahmatulloh mengatakan...

Maaf, saya baru aj coba dioda 5/1 lampu sen LED jadi mati, kenapa y?

Agustinus Agung mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Agustinus Agung mengatakan...

Permisi uncle....,motor saya satria Fu 2011 habis ganti lampu LED dan aki jga baru gnti baru selang 2 mnggu jadi tekor,klakson dan starter gak bisa. Solusinya modifnya yang mana uncle?

RezaVqrus mengatakan...

Posting-an yang bermanfaat. Uncle, saya ingin tanya. Saya memiliki vespa strada. Rencana ingin saya pasang AKI 12V 10AH untuk kebutuhan pemasangan inverter arus DC ke AC. Yang saya ingin tanyakan, apa aki tersebut akan kuat jika saya pasangkan alat 600 watt? Jika tidak, adakah alat lain yang bisa saya gunakan? Mohon pencerahannya uncle? Terimakasih..

apa aja mengatakan...

http://jualmurahmesinbatuakik-cincin.blogspot.com/2014/10/jual-murah-mesin-belah-poles-gosok-batu.html?showComment=1441028302820#c8748542052779659409

Unknown mengatakan...

Om motor saya vario techno cbs 110, saya bikin semi fullwave dgn cara memotong kabel dr spul yg menuju lampu, trus kabel lampu saya jumper dr kontak, jd headlamp+stoplamp skrg langsung nyala tanpa harus di starter motor, pake led semua..kira2 l mau pake tips ini bisa g?pake yg brp,3/1?

Lion Head (singakepala) mengatakan...

Uncle... mtr sy new vega r 2006. Pke aki UPS panasonic 7 ampere. Lampu dpn dirubah dc/lngsng ke aki. + pake rangkaian dioda 1:2. Dan stlh prjalanan krg dr 2 jam aki jd drop. (sperti tidak mengisi) Klakson pelan & lampu2 redup.
Apakah dioda 1:2 krg u/ pengisian aki 7amp? Ataukah mmg akinya yg soak

Unknown mengatakan...

Boss mau nanysk spda sya revo absolut saya kasih lampu helogen kok skinya tekor ys bos?...trus say bawa ke bengkel katanya mekaniknya kiproknya gg ngatasi ...trus di suruh ganti kiprok megapro hasilnya tetep sama masih tekor akinya..trus di suruh ganti aki baru..slesai di ganti aki baru tetep sama bos dua hari akinya trkor lagi...

Heni Prasetyorini mengatakan...

Uncle zak, motor saya Thunder125, saya pake diode 5/1 (6A & 3A), kabel masa dr kiprox saya potong, saya sambung ke diode trus dari diode saya sambung ke negatifnya aki, tapi pas saya pegang diode yg 6A kok panas sekali ya, apa ada kesalahan pasang?? Terima kasih uncle

Heni Prasetyorini mengatakan...

Uncle Zak, saya pake thunder 125, saya pasang diode 5:1, dr masa kiprok saya potong saya sambungkan ke dioda, setelah itu dr diode saya sambungkan ke negarifnya aki, tp kok panas ya uncle diode yg 6A, normal ato ada yg salah? Makasai banyak

Heni Prasetyorini mengatakan...

Uncle Zak, saya pake thunder 125, saya pasang diode 5:1, dr masa kiprok saya potong saya sambungkan ke dioda, setelah itu dr diode saya sambungkan ke negarifnya aki, tp kok panas ya uncle diode yg 6A, normal ato ada yg salah? Makasai banyak

Heni Prasetyorini mengatakan...

Uncle zak, motor saya Thunder125, saya pake diode 5/1 (6A & 3A), kabel masa dr kiprox saya potong, saya sambung ke diode trus dari diode saya sambung ke negatifnya aki, tapi pas saya pegang diode yg 6A kok panas sekali ya, apa ada kesalahan pasang?? Terima kasih uncle

Unknown mengatakan...

Gan, minta solusiny, gmna crany agr daya aki stabil d motor RX S yg pke alternator 6V trus akiny sya modif k 12V, pake aksessoris sirine dll, mlah suarany sirine jd ky kaset kusut spt kurang power ato arus listrik gk stabil.?? Thx U

Unknown mengatakan...

Mlm uncle, saya mau pasang diode 5/1 di motor saya mio sporty keluaran pertama, tetapi sblm di pasang saya cek votase.a ketika mesin menyala sudah mencapai 22 volt padahal diode blm di pasang, mohon pencerahan.a uncle... apakah kelistrikan motor saya bermasalah atau tidak,,,

Unknown mengatakan...

Apa bedanya rangkaian diode 1/1, 3/3, 3/1 dan 5/1 gan?apa lbh bnyk diode lbh bnyk tmbh voltasenya?

RadenAriefBudiman mengatakan...

Mungkin udh ada yg nyoba di Jupiter Z,
untuk Yamaha Jupiter Z 2008 Burhan pake yg mana nih om? Bingung ane

Catatan : Kiprok standar (bawaan pabrik), Accu MF merk GS

RadenAriefBudiman mengatakan...

Kek gmn gan? mau donk.. soalnya mo ane terapin jg di Jupiter z ane

RadenAriefBudiman mengatakan...

Kek gmn gan? Mau donk, soalnya mo ane terapin jg di Jupiter Z Burhan ane. Msh bingung soalnya

Anonim mengatakan...

om zack...
ane mau nannya ni... mtr supra x 110 pnya bini ane minta di cas trus tuh accu nya stiap 2minggu... klo gakdicas gakbisa dstarter... apanya yang rusak?.. ane bawa ka tukang service motor katanya kiprokya.. ane bawa ka tukang accu divonis accunya hrs ganti... ane bingung.. mana yang bener niiiihhhh...mhn bantuannya om... tnks sblmnya..

Josy_Mahardika mengatakan...

Motor saya shogun 125 n pengisian sering ngedrop, padahal spul habis di gulung ulang n masih pakai kiprok asli nya. Enaknya pakai rangkaian berapa om n di tempatkan dimana??? Terima kasih

Josy_Mahardika mengatakan...

Motor saya shogun 125 n pengisian sering ngedrop, padahal spul habis di gulung ulang n masih pakai kiprok asli nya. Enaknya pakai rangkaian berapa om n di tempatkan dimana??? Terima kasih

Solusi battery mengatakan...

kalau sudah gulung spul seharusnys lebih mantap, kemungkinan ada yang on terus lampu remnya, atau kiprok sudah eror

Unknown mengatakan...

As-salamu alaykum.. Uncle Zak, Salam kenal, nama saya Gege. Boleh minta pin BB dan no tlpnya??? Thanks

Unknown mengatakan...

Om zack, mau tanya nih, motor ane vixion 2010. Ane pengen nambah sebuah aksesori yg dayanya 100watt, 12v x 8A. Nah bagaimana ngakalinya supaya vixion ane tetep kerja normal komponen standarnya, tetapi tetep bisa ngidupin aksesori 12v x 8A tsb. Catatan semua masih standard, alternator, aki dan kiproknya. Tp lampu blkng sudah led. Selainnya standard. Makasih om Zack..

Rudi Elprian mengatakan...

terimakasih uncle zack
motor saya suzuki tornado rc 100, sblmnya aki baru tidak ngisi, trs saya modif 5/1 negatif, aki lgs terisi, mantaps

Unknown mengatakan...

mo nanya om ganteng,vixion 2010 ane di vonis bengkel kiproknya minta ganti outputnya di tes cuma 7 v,solusinya gimana om supaya outputnya normal ke 14 v????

Unknown mengatakan...

Om mau tanya cara buat arus AC ke DC motor yamaha...kabel ke kiprok kuning saya cabut...kemudian saya plus dari spedometer untuk lampu utama...kemudian saya pasang voltmeter..tegangan awal 12.5..pas jalan 3 hari tegangan sampai 14.3...nah sekarang ko malah cuma 10.8 yah...apa ada yg salah

Sasrra mengatakan...

Selamat siang uncle.
Mw nanya uncle, motor saya GL MAX Thn 2002.
Jd saya ingin modif baterainya sprt yg uncle jelaskan karena saya baru beli aki baru, baru 2 minggu klakson ny hanya 1 yg hidup. Tp kalau udah lama hidup bisa 22nya klakson ny.
Kata bengkel saya masalahnya bukan di bagian pengecasan nya tp masalahnya di penyimpanan arus nya.
Jd kl mw brangkat malam hari gitu, mesti di panasi lagi. Jd baterai baru pun gak bertahan lama, shg kinerja ny cepet menurun.
Mhon masukan nya bg, apa perlu modifikasi bg nh saya aplikasi kn di motor saya atau masalah saya th wajar hrz dipanasi untuk motor GL MAX.
Bengkel saya nyaranin rombak sarang baterai jd bisa gunakan baterai besar kyk motor supra.
Tolong kasih saran ny bg plus minus dari kedua cara tsb. Modifikasi cara abg sama rombak sarang baterai.
Terima kasih sblmnya bg.

gan den mengatakan...

saya prak tek di supra fit, tegangan voltek sebelum pasang dioda 12,8 setelah pasang dioda 21 kog gak ada bedanya ya! apa sepulnya bermasalah (imitasi.

Suyudi mengatakan...

Artikel yang bagus dan mencerahkan. Saya sampai terharu pada oom yang begitu telaten menjawab setiap pertanyaan yang masuk. Kebetulan saya juga sedang utak utik carger aki. Bukan untuk ngecas aki motor, tapi cuma untuk ngecas aki tangki semprot padi. Semula ketika ngecas saya batasi max. 14v. Karena takut aki jadi njeblug. Tapi setelah membaca artikel ini jadi tahu bahwa kapasitas aki ternyata sampai 16v. Berarti masih aman. Terimakasih. Selamat berbagi ilmu, semoga bermanfaat bagi anda dan orang lain.

Sasrra mengatakan...

siang uncle Zak.
motor saya gl max 2002
masalahnya baterainya gampang lemah.
ketika lampu utama dan lampu sen/tangan saya hidupkan, klakson tidak bisa hidup karena dayanya tidak cukup.
saya udah tunjukkan rangkaian uncle ke bengkel saya.
dia bilang masalahnya bukan kurang cas tetapi di bagian penyimpanan baterainya sendiri yang kurang tahan lama sehingga menyarankan modifikasi tempat baterainya supaya bisa masuk baterai yang lebih besar seperti baterai aki supra.
menurut uncle rangkaian ini bisa mengatasi masalah penyimpanan tenaga baterai di aki gl max saya?
atau setuju dengan modifikasi sarang baterai sehingga baterai nya di ganti dengan aki supra.
tolong saran nya uncle.
thanks

Unknown mengatakan...

uncle.berarti yang jalur negatifnya di paralelkan yang satu ke bodi mootor yang satu ke negatif aki ? betul tidak ? trus yang jalur positifnya gimana uncle ? BUTUH PENCERAHAN

Unknown mengatakan...

uncle.berarti yang jalur negatifnya di paralelkan yang satu ke bodi mootor yang satu ke negatif aki ? betul tidak ? trus yang jalur positifnya gimana uncle ? BUTUH PENCERAHAN

Unknown mengatakan...

Bos motor saya beat.2011.gmana cara ngakalin accu biar gak gampang tekor

idho mengatakan...

Misi uncle..
Saya punya honda grand..saya sudah mempraktikan cara2 uncle diatas tapi kenapa juga gk bisa uncle?? Kabel sudah benar,apa mungkin ngerangkai diodanya salah....

Unknown mengatakan...

Salam kenal Om,
saya pemerhati baru jadi pengamat soal per-kipro-kan, semejak piara NS 200, dan kemaren ganti aki kuning MTX7D (minta MTX9, ketinggian duduknya).
umur seminggu, sudah KO en ga mau start. lalu ditolong tukang cas, baru sembuh.

akibat keracunan artikel2 uncle Zak, jadi curiga sama kipox-nya.
dites pake multi tester.
posisi off 12,46 V, mesin langsam, 12,31 V digeber 3k rpm baru 13,00 naiknya juga pelan.

jadiliah bikin rangkaian sesuai skema negatip pake diode 1/2 @6A
cara pasang seperti skema, mutus jalur aki negatip sebelum ke aki (-)

alhasil, ditest lagi :
mesin langsam 1,5k rpm = 12,6 V, di 3k rpm = 13,5 V.. digeber sampe 4k rpm, naik ke 14an V.

Amankah kondisi ini ? apa salah pasang, soalnya beda sama poto uncle Zak yang diatas, secara nempel di sasis ujungnya di kiprox
?
tapi kiprok panas saat mesin jalan 5 menit,
apa wajar, soalnya saya belum pernah sebelum nya megang kiprok saat mesin jalan ?

Tetapi, ebelumnya terjadi kesalahan teknis atau malpraktek.
pertama test starter mesin, kondisi kabel ground kiprox belum terpasang, 'ndilalahnya' capasitor yang nempel di kiprok, 47000uF/25V njebluk dan bocor. mesin dimatikan.
Nhaa.....
karena artikel uncle Zak yang lain menerangkan bahwa Capasitor itu berperan sebagai booster.
yaaa sementara aku abaikan dan test aku jalankan lagi.

mohon komentar dan analisa uncle Zak.

Terima kasih

Unknown mengatakan...

Uncle zak, pnya sya new vixion, di voltmetr trbaca 13.9 volt, rangkaian ap yg cocok uncle, mohon bantuan y ?

Unknown mengatakan...

Uncle psang di new vixion brapa dioda dn gmn cra psang y, tlng di,bntu uncle

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 400 dari 542   Lebih baru› Terbaru»