Friday, May 4, 2012

Cara Pasang Aki Tambahan Mobil dan Motor

By : Zakir Skynet


Untuk menambah pencerahan dibidang aki,  berikut ini saya sajikan sebuah metode pasang accu tambahan yang mungkin para pembaca suatu saat nanti ingin menambah accu tambahan :
  • prinsip dasarnya penambahan aki tambahan digunakan untuk aksesoris sangat membutuhkan arus listrik yang besar 
  • aki tambahan ketika digunakan tidak menarik arus listrik dari  aki utama, sehingga ketika aki utama digunakan untuk stater tetap ok.
  • masing-masing aki sesuai dengan fungsinya, aki utama untuk kebutuhan normal Stater, lampu dan pengapian sedangkan aki tambahan fungsi untuk aksesoris tambahan.
Untuk pemasangan aki tambahan di mobil wajib menggunakan Isolator Battery
istilah negeri Paman Sam bentuk isolator Battery yang umum dipasaran seperti pada gambar dibawah ini  harganya sangat ekonomis.
Jika produk  isolator battery didaerah anda belum ada yang jual, mungkin pilhan terakhir bisa beli disitus dibawah ini, harga dan  jadwal pengiriman sampai ke tempat tujuan bisa dilihat :



Isolator Battery untuk satu Accu Tambahan

Jadi engga usah pusing tinggal beli,  namun jika anda tidak mau beli  ke situs tersebut diatas barang tersebut belum juga ditemukan didaerah anda,  paman zak bisa membantu, isolator battery sangat mudah dibuatnya komponen utamanya hanya dua buah diode. untuk pemasangan dimobil wajib menggunakan diode minimal diode 85 amper, sedangkan untuk motor cukup diode  6 amper, yang penting prinsipnya pakai diode lebih besar lebih bagus

Apa itu Isolator Battery 

Namanya juga isolator alias isolasi maksudnya antara aki utama  dan aki tambahan dipisah diisolasi oleh dua buah diode, jadi antara accu utama dengan accu tambahan tidak terjadi hubungan, arus listriknya ditahan oleh diode apa  isi dalam isolator battery  : hanya dua buah diode ukuran besar  seperti pada beberapa gambar dibawah ini :

  Schematic Pemasangan Diode  

 

 

Untuk pemasangan aki tambahan pada motor cukup menggunakan Diode 6 s/d 10 amper atau menggunakan diode bridge seperti pada sekema pemasangan diode diatas arus listrik dari kiprok dicabang dua menggunakan dua buah diode satu ke aki utama cabang yang satu lagi ke aki tambahan.
 Diode Bridge
Lambang elektronik Diode
Diode Dalam Bentuk Satuan
sekema kelistrikan motor secara umum bisa dilihat pada gambar dibawah ini
sekema setelah pemasangan isolator battery / dua buah diode dipasang yang penting prinsipnya kabel menuju pengisian aki utama dicabang dua jika ingin pasang aki tiga buah tentu juga harus dicabang tiga


Pasang Switch Isolator Battery



Untuk mendapatkan rasa aman dalam berkendaraan ,  sewaktu masa aki utama mengalami ketekoran  alias drop maka alangkah baik dipasang sebuah switch yang menghubungkan antara aki utama dengan aki tambahan antara terminal positip aki utama dengan terminal  positip aki tambahan.
jadi ketika aki utama mengalami drop tinggal putar switch, maka aki tambahan dapat membantu aki utama ketika mobil distater sama dengan cara jumper.

berikut ini diagram dan sebuah gambar switch battery isolator :
Switch Battery Isolator
  • harga pasaran saat ini diode  6 amper Rp. 1000/buah
  • sedangkan diode bridge ukuran 35 amper Rp 15.000/buah Kualitas Bagus


Semoga informasi ini bermanfaat

9 comments:

  1. Mas, kalau saya pakai aki tambahan, tapi tdk pakai dioda dan isolator, + aki ke +aki, negatif aki tambahan ke body/massa, apa ada kendala/kekurangannya ? karena dengan cara begini, voltase dari aki tetap 12V tapi amperenya yang naik, dan sy udah pakai lebih dari stgh tahun ga ada kendala.

    ReplyDelete
  2. Kalau ini yg anda terapkan, voltase dan ampere tidak akan nambah, yang nambah adalah AH (anpere hour/ampere jam). Maksudnya begini, kalau anda mempunyai accu dgn tulisan 3.5A, 7AH, itu maksudnya kalau anda menggunakan accu tersebut dengan kekuatan maksimal di 3.5A maka accu akan bertahan selama 1 jam. Tapi apabila accu tambahan anda set seperti di atas maka dengan daya maksimal di 3.5A accu akan bertahan selama 2 jam. Kemampuan accu total tetap di 3.5A. Penggabungan 2 accu dgn cara diparalel kapasitas amperenya dihitung dari accu yg terkecil. Misal Accu A 3A diparalel dengan Accu B 5A, maka kekuatan max rangkaian tsb tetap di 3A (Ampere terkecil) Jadi kalau mau gabungn 2 accu, carilah amper yg sama krn pada dasarnya ini tdk menambah dayanya tetapi menambah kekuatan waktu beroperasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dilakukan mas Johan sdh betul, saya beda pendapat dengan mas Hudi, bukankah dengan bertambah waktu beroperasi sama dengan bertambah daya? (3Ax12V= 36 Watt) + (7Ax12V=84 Watt) = 120 Watt? Sama dengan 10Ax12V= 120 Watt? Sama juga dengan (5Ax12V=60 Watt) + (5Ax12V=60 Watt).

      Yang diterapkan mas Johan menambah daya, tetapi Voltase tetap (rangkaian paralel).

      Delete
  3. om Zakk yg keren,

    Ane udah pake HID 35 watt, pengisian udah fullwave, pakai kiprok tiger KW 3, dan ane udah gulung ulang spul (motor ane satria 2 tak, tapi pake sepul tornado). kawat spul ori-nya berukuran 0,65-0,70 mm (4 lapis), dan ane gulung ulang pakai kawat 1 mm (5 lapis), dengan harapan spul tersebut bisa supply ampere lebih gede.
    Nah, waktu ane cek pake multitester, spul tersebut cuma supply 6V pada kondisi stasioner (ane ukur sebelum kiprok, jadi VAC yg diukur).
    Yang pengin ane tanyakan :
    1. ukuran kawat berapa yang kira2 bisa supply minimal 5 amper ? rencananya ane mau gulung ulang nih.
    2. Kalau misal ditambah aki tambahan (sekarang terpasang aki MF 4AH merek TOYO), bisakah digabung antara aki MF dengan aki basah?
    3. Kalau bisa digabung, apakah perlu tambahan dioda seperti diagram di atas, mengingat aki tersebut cuma untuk penerangan saja (pengapian tornado pake CDI AC)
    Terimakasih atas jawabannya, om Zak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih bagus pakai kawat ukuran originalnya, karena untuk menambah amper lebih mantap, bukan dari jumlah gulungan yang banyak , tapi dari medan magnet yg kuat, jadi kalau mau dimodif magnetnya yg harus dimodif.

      aki basah dan aki MF bisa digabung

      modif tambahan diode 1/1 atau 2/2 sudah mantap.

      Delete
  4. Om Zak,
    Terima kasih atas jawabannya. Kalau memang magnetnya yg harus lebih kuat, brarti ganti magnet baru dong. Padahal stok di toko sudah jarang banget tuh magnet suzuki tornado.
    Atau ada cara menguatkan lagi magnet yang sudah lemah?

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. power magnet motor tidak melemah, ada trik khusus menambah medan magnet di seputar stator, suatu hari nanti akan ane posting !

      Delete
    2. mantap om Zak...

      ditunggu postingannya

      Delete
  5. Om mo tanya bli battery isolator merk viktron energy untuk jakarta dimana dan brapaan ya, harga rata2 battery isolator berapaan?

    ReplyDelete