iklan google termasur

Jumat, 25 Mei 2012

Cara Kerja Relay

by : Zakir Skynet

Kata-kata relay sudah tidak asing lagi bagi pemilik kendaraan bermotor, jumlah relay yang dipasang dimobil jumlahnya lebih dari jumlah jari tangan kita dan hampir semua kelistrikan kendaraan dikontrol oleh relay. mulai dari main relay, relay klakson,  relay fan radiator, relay ac, relay lampu besar. dll.
begitu pentingnya peran relay maka pemilik kendaraan sedikit banyak harus tahu cara kerja relay dan bagaimana juga memasangnya.

Apa itu relay
relay hakekatnya tidak lain hanyalah sebuah saklar atau stop kontak untuk menyalurkan arus listrik ke alat yang kita inginkan  misalkan fan radiator

Cara kerja Relay.
seperti pada gambar dibawah ini cara kerja sebuah relay angka 85 dan 86 adalah sebuah gulungan kawat  email tembaga  kecil (coil) dalam pengertian mulai menggulung kawat dari angka 85 berakhir  di angka 86 ,jika  diukur panjangnya mungkin bisa mencapai 10 meter, yang jelas resistensi /hambatannya kurang lebih 80 ohm. jika angka 85 dihubungkan ke positip aki dan angka 86 ke negatip aki, maka diseputar gulungan itu akan timbul medan magnet. angka 85 dan 86 boleh terbalik pemasangannya.

magnet inilah yang akan menarik pelatuk angka 30 terhubung ke 87 atau 87B, jika salah satu angka 85/86 diputus dari aki, maka medan magnet hilang dan kontak antara 30 dan 87 terputus kembali.





bentuk bentuk relay

Keuntungan Pasang Relay
seiring bertambahnya usia kendaraan maka kabel-kabel yang menyalurkan arus listrik ke lampu, klakson mulai berkarat/resistensi.  hal ini tentunya menyebabkan arus listrik yang memasok lampu dan klakson berkurang dari yang semestinya akibatnya lampu besar cahaya mulai meredup dan klaksonpun tidak selantang pada saat kendaraan dibeli.
dengan pemasangan relay maka arus listrik langsung dipasok dari aki bebas hambatan/resistensi, maka lampu dan klaksonpun akan mantap kembali.

Cara Pasang Relay klakson



Cara Pasang Relay Lampu Tambahan

buat yang ingin pasang lampu tambahan pada motor atau mobil gambar dibawah ini sebuah diagram bagaimana cara memasang relay lampu tambahan,  lampu LED dipasang sebagai aksesoris tambahan  sebagai indikator on/off   resistor pakai 1K s/d 2 K ohm


Cara Pasang Relay Lampu Besar
untuk yang ingin merakit sendiri relay lampu besar berikut ini diagram sebagai panduan bagaimana cara memasang relay lampu besar






Pasang Relay lampu besar 

Buat yang beli ditoko langsung jadi  relay lampu besar, berikut ini cara pasangnya seperti pada gambar dibawah ini

semoga info ini bermanfaat dan menambah pencerahan di bidang relay









6 komentar:

Anonim mengatakan...

apakah cara ini juga bisa digunakan untuk AC mobil?

Solusi battery mengatakan...

kompressor ac dan extra fan menggunakan sistem relay

ahmad mengatakan...

bagaimana gan kalo pemasangan relay dengan 5 kaki.mohon penjelasannya dengan image.thanks

wisata religi mengatakan...

maaf sya mau nanya, saya punya timor dohc kipas radiator gak standar lagi, klo untuk mengembalikan ke standar lagi gemana solusinya terutama diwiringnya. terima kasih sebelumnya,

urntukulo mengatakan...

sipp min, membantu sekli...
solder uap

Adeodatus evangelicus mengatakan...

Boz, saya mau nanya masalah kelistrikan lampu banyak vespa mods. Vespa saya super udah cdi dan pke aki GS Premium 12N 10-3B dan pke kiprok excel pasang 10 lampu depan dan 1 dinamo klakson dgn 5 terompet plus relay. Awalnya skitar sebulanan normal tp skrg2 ini kenapa akinya jd tekor ya ? Apa harus ganti kiprok jg ? Kira2 kiprok apa yg sesuai & cocok ? Tolong d bantu jawab & terima kasih.