iklan google termasur

Senin, 23 April 2012

Cara Buat Charger Aki Motor dan Mobil

By : Zakir Skynet


Ada banyak model/circuit untuk membuat charger,  khususnya untuk aki motor dan mobil, setiap model mempunyai alasan tersendiri dan punya argumen secara ilmiah.oleh para pembuat circuit charger. model-model tipe rangkaian charger bisa dilihat pada gambar seperti  dibawah ini :








 

Trafo tipe step down

 

 

Prinsip-prinsip Dasar Cas Aki

  • aki adalah sumber listrik DC maka untuk pengecasannya dibutuhkan juga arus DC
  • Tegangan arus DC charger harus lebih besar dari tegangan aki, contoh tegangan aki mobil/motor 12,65 volt,  maka tegangan charger minimal 13,5 Volt maka arus listrik akan mengalir ke aki.
  • mencas aki bukanlah memasukan arus listrik kedalam pelat aki, tetapi hanya membersihkan pelat aki dari sulfation dengan cara memasukan arus listrik agar pelat aki bersih kembali. 
  • ( lihat Teori Dasar Aki)

Dari berbagai gambar diatas saya buat modifikasinya, diantaranya seperti pada gambar dibawah ini. Charger ini saya gunakan untuk merekondisi/servis aki yang sangat ampuh dan sudah diuji dalam labotarium Mitra Battery solutions tiga hari tiga malam charger dibiarkan untuk merekondisi aki "soak".

Penjelasan Ilmiah Menggunakan Voltase Output Trafo 18 Volt 

  • penelitian saya terhadap trafo trafo yang beredar dan output tertulis 18, jika diukur dengan volt meter realnya hanya 15,5  s/d 16  volt, banyak faktor penyebabnya trafo itu sendiri atau tegangan PLN turun beberapa volt.
  • menggunakan diode untuk merubah arus ac ke dc mengakibatkan turun tegangan sebesar 0,7 volt
  • jadi perhitungannya 16 volt dikurangi 0,7 volt =  15,3 volt  sangat ideal untuk mengecas aki dimana performa aki dalam keadan full 100% tegangan dapat mencapai 15,5 s/d 16 Volt
  • Sekarang anda dapat mencoba dan membadingkan circuit-circuit yang ada di gambar berbagai situs selalu tertulis 12 volt.

 


Anggaran Buat Charger Tipe Trafo Nol :            dan                    Trafo CT :
  • Trafo 5 amper murni     Rp.   150.000,
  • Kabel untuk ke PLN    Rp.       7.000,
  • Sekering Komplit         Rp.       3.000,-
  • Saklar                          Rp.       3.000,
  • Diode Bridge 35 amp   Rp.     15.000,-                         Rp.2.000,-    diode 5 amp 2 buah
  • Ammeter 0-15 amp      Rp.     40.000,-
  • Kabel 5 meter              Rp.     15.000,-
  • Capit Buaya                 Rp.       5.000,-
  • Timah 3 Meter             Rp.       6.000.-
  • Solder                          Rp.     25.000,-
  • Box/Rumah Charger     Rp.     50.000,-
                                       ================================================
  Jumlah                                  Rp. 319.000,-                               Rp.  309.000,-

Keterangan :
untuk jenis trafo tipe CT yang beda anggaranya hanya jenis tipe diode,  untuk Tipe Ct menggunakan diode satuan tipe 6 amper ke atas dua buah maksudnya biar lebih ekonomis, namun diode bridge pun dapat.digunakan.
untuk box bisa aja digunakan box bekas computer, kaleng biskuit biat lebih irit.


langkah-langkah membuat charger mobil dan motor

posisi trafo 5 amper murni tipe 0 terlihat pada gulungan sekunder
output : 0-6-12-18-24-30-32-35 volt
gambar diatas adalah posisi trafo pada gulungan primer dimana tertulis di trafo 0-110-125-220-240 volt
karena di Indonesia tegangan umum yang dipasok PLN 220 volt maka kita pilih tegangan 240 volt biar aman charger sesuai dengan kita yang rencanakan antara 7 s/d 10 amp

merakit charger bagian gulungan primer : 

  • kabel untuk ke PLN ada dua buah satu kabel dihubungkan langsung ke trafo tertulis 240 volt
  • satu kabel lagi konek ke sekering, output sekering ke konek ke trafo tertulis 0


Merakit bagian charger gulungan sekunder
seperti terlihat pada gambar dibawah ini


charger aki motor dan mobil udah selesai  kapasitor bisa digunkan bisa juga tidak, jika ingin menggunakan indikator amper meter kabel positip dari diode dihubungkan ke lambang + amper meter selanjutnya conektor amper meter symbol (-) dihubungkan ke aki positip untuk pengecasan.





 Keunggulan Charger :
  • sangat cocok mengecas aki motor dan mobil ukuran 32 s/d 120 amper
  • dapat menditeksi aki baik dan buruk terditeksi pada indikator amper meter
  • dapat digunakan untuk merekondisi aki kembali seperti baru
  • dapat mengecas untuk jangka waktu lama 48 jam pengecasan 

Merakit Charger Aki untuk dua aki

berikut ini saya sajikan  schematic yang ingin membuat charger untuk dua aki , dalam hal ini switch dibutuhkan untuk memindahkan voltase dari 18 volt ke 32 Volt

Merakit Charger Untuk Dua Buah Aki Tanpa Switch

Tipe charger gambar dibawah ini bisa digunakan untuk satu dan dua buah aki, cukup dipindahkan kabelnya, jika ingin mencas dua buah aki pakai jalur kabel untuk dua buah aki, trafo yang digunakan minimal 5 ampere murni istilah toko elektronik disarankan pakai trafo bagus, pemakaian trafo lebih besar lebih bagus. sedangkan diode bridge minimal pakai 35 ampere.


sekema charger satu atau dua buah aki


Cara pakai charging satu buah aki

Cara pakai charging dua buah aki

 selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
















110 komentar:

Unknown mengatakan...

artikel yang bermanfaat...
truz sharing uncle...
mau tanya mau buat charger aki yang pakai trafo CT yang ada capasitornya(gambar 5 dari atas)
1. buat charger aki 12v 5a apa trafonya harus 5a?kalau diganti 3a atau 4a biza gk?apa pengaruh lama pengecasan?
2. kalau mau menambahkan sekering(fuse) ditaruh sebelah mana?fuse brapa ampere?
3. Indikasi kalau aki sudah penuh darimana?
terima kasih uncle......
terus posting dan sharing.....

Unknown mengatakan...

waktu pengecasan tutup air aki(aki basah) dibuka atau dibiarkan tertutup?soalnya setelah browsing ada yang bilang dibuka ada yang bilang tertutup membuat bingung....
terima kasih uncle zak........

Solusi battery mengatakan...

ditutup saja boleh yang penting lubang ventilasi udaranya dibersihkan pakai tusuk gigi atau pakai paku kecil. jadi hidrogen bisa keluar lewat ventilasi. peringatan jangan pernah menyalakan korek atau rokok didekat aki.

Solusi battery mengatakan...

pakai trafo berapa saja bisa yang penting voltage diatas 12 volt. maksimum 18 volt, semakin kecil trafonya casnya semakin lama.
sekeringnya pasang dijalur ac saja yang konek ke tegangan PLN,
indikasi aki sudah penuh indikatornya dilihat airnya. pakai hidrometer,

Unknown mengatakan...

Artikel yang menarik..

Mohon penjelasan dengan skema di atas paman, kalo dilihat dengan memakai trafo CT, bukankah pada titik CT itu titik 0 kok bisa mengalirkan arus positif? mohon pencerahan, masih awam dengan elektro..
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

uncle zak kembali tnya....
rangkaian gb.5 komponennya
trafo 5 ampere, dioda 1n4007, capasitor 2200uf/25v, ampere meter...
berhubung harga trafo begitu mahal, saya mau membuat charger yg pakai trafo yang amperenya 0.5 atau 1 ampere..
kalau trafo 0.5 atau 1 ampere apakah ukuran nilainya komponen lainnya tetap tau berubah?tetap dioda 1n4007, capasitor 2200uf/25v atau berubah nilainya...
terima kasih uncle...

Solusi battery mengatakan...

titik CT bisa digunakan jalur positip atau negatip tergantung kebutuhan.

Solusi battery mengatakan...

biar chargernya "bandel" pakai diode 3 amper, harga diode engga beda jauh, diode 3 amper Rp.500/buah diode 1 amper 1N4007 Rp. 250/buah, capacitornya 2200uF 50 volt biar mantap.

Unknown mengatakan...

saya mau tanya mas"
saya mau membuat pengecas aki otomatis" yang mana sumber tegangannya DC (keluaran dari sel surya) gimana rangakaiannya? teganggan inputnya 13,8v"

Solusi battery mengatakan...

kalau mau otomatis mesti ada tambahan komponen lagi SCR, resistor, diode zener, diode silicon, mungkin nanti ane posting juga : cara mudah membuat charger aki otomatis

NANANG IRFANSYAH mengatakan...

uncle....
ane nunggu artikel uncle tentang mengelas pake aki motor....

mohon segera di ulas yaa.... sukses buat uncle

Mas Rodhi mengatakan...

bagus mana trafo CT dengan trafo biasa untuk cas aki? karena saya punya dua bua trafo,
mohon penjelasannya...

Solusi battery mengatakan...

trafo ct dan trafo tipe nol, sama saja,tergantung kebutuhan, kalau mau bikin cas aki dari 3 volt s/d 36 volt enaknya desain pakai trafo tipe nol, kalau hanya untuk cas aki satu tipe aki 12 volt enaknya pakai trafo ct dan arusnya lebih konstan.

gaptek psn mengatakan...

Sangat mnrik skli..tntng pmbuatan charger dri uncle !

Ane punya trafo nganggur alias bks gk kpke.merk SANHO 5A CT.mau ane manfaatin bwt bikin charger.Namun tegangan primernya gk ada yg 220 volt.akan ttpi yg ada cuma 0 - 110 - 0 - 110 - 130 !mhon solusinya dri uncle

Solusi battery mengatakan...

ente mesti beli stavol yang ada output 120 volt, pakai yang 500va sudah matap murah meriah, jadi charger coloknya ke stavol, mantap !

gaptek psn mengatakan...

Tdinya sih, brgkli trafony dpt dimanfaatin(solny msh bgs)...trnyt gk bs ya ?

Tp gk aplh,ane ucpin mksh ats saran Uncle !

Unknown mengatakan...

uncle zak ada ga rangkaian carger aki yang otomatis???? jadi klo aki udah full carger langsung berhenti trus klo listrik aki-nya turun mka secara otomatis carger langsung ngecas

Solusi battery mengatakan...

membuat charger aki otomatis sangat mudah, beberapa hari ke depan mungkin akan saya posting.

Unknown mengatakan...

Kalo charger aki buat usaha yg kuat untuk ngecaz beberapa aki (misal 10 aki)sekaligus sampe berapaberapa harganya ya boz?

Solusi battery mengatakan...

harganya kurang lebih 2 -3 juta tergantung powernya, kalau buat usaha menurut ane lebih aman pakai 1 aki satu cas, kalau sitem seri resikonya lebih tinggi butuh 150 volt DC untuk cas 10 aki.

Unknown mengatakan...

mas uncle... Sy pny travo ct 10 amp,arus dc trtulis 12 18 25 32 votl dan amperemeter 15 amp.klu buat ngecas aki mobil 12v 35ah. pakai diode 6amp (brp biji..?) diletakkan di posisi mana ? amperemeter ikut kutup - / + aki

Unknown mengatakan...

cara membaca amperemeter 15 klu accu sdh penuh gmn...?

Solusi battery mengatakan...

kalau pakai trafo ct butuh 2 diode, kalau pakai trafo nol, butuh 4 diode 6mp, gamabr 3 dari atas bisa dijadikan acuan untuk membuat charger

Solusi battery mengatakan...

star awal amper bisa sampai 10-15 amper tergantung kosong tidaknya aki, kalau usah penuh 5 s/d 7 amper.

Unknown mengatakan...

Ada keterangan uncle yang tidak lengkap : Untuk Charger battery yang kapasitas 70 AH maka paling sedikit dibutuhkan arus pengisian 1/10 kapasitas = 1/10 x 70 = 7 Ampere selama 10 - 14 jam waktu pengecasan supaya tercapai 100% penuh pengisiannya . Jadi kalau Trafo kekecilan kapasitas arusnya , maka waktu pengisian menjadi lebih lama .
Lalu untuk pertanyaan yang punya trafo primernya 0-110 , 0-110 dan 0-130 , ini bisa diakali dengan men SERIE , 2 x 110 menjadi 0 - 110 - 0 - 110 , dimana 110 dan 0 yang ditengah dihubung langsung sehingga dapat 0 dan 2x110V = 220 Volt , tetapi jika ternyata sekundernya terlalu tinggi , bisa menggabungkan 0 - 110 - 0 - 130 sehingga menjadi 0 - 240 volt primernya , dimana sekundernya otomatis akan menurun . Semoga membantu

Unknown mengatakan...

Om zakk..ane punya 10 amper CT om. cuman sukendernya ..Ct.12 v.24 v..om gak da yg 18 voltnya..
Solusinya gmn ya om zakk..
Tolong om zakk...thank om..

Unknown mengatakan...

Maaf om zakk..trafo 10 ampenya .yg d sekundet Ct.12v.25v.32v.47v..gak da 18v.jdi ane pake yg mana ya om..thanks om zakk

Solusi battery mengatakan...

pakai yang 24 volt saja, outputnya mesti pakai otomatis bisa baca di sini http://mitrabaterai.blogspot.com/2013/11/cara-mudah-membuat-charger-aki-otomatis

Unknown mengatakan...

Ok..om zak.ane coba.
Thanks master..

Abu Muammar mengatakan...

bos, sy mminat charger aki mobilnya. harganya skg brapa yah? .. soalnya penasaran mau ngetes aki sy yg baru 6 bulan tp sudah soak.. pls reply email saya : achox78@gmail.com

mustain arif mengatakan...

mantap!! ilmunya!! makasih...

BuhunZ mengatakan...

Uncle ak punya travo CT=3A sama dioda bridge 35A, kira" jalurnya pake gbr yang mana...? trus berapa lama pengisiannya.....?

Unknown mengatakan...

bisa di pakai untuk nge cash aki kering nggak?

Solusi battery mengatakan...

modelnya pakai gambar no 5, ct=3,5 lebih cocok untuk cas aki motor, dua jam sudah mantap

Solusi battery mengatakan...

charger yang ane bahas universal untuk semua : aki basah, aki kering, dry cell battery tipe AA, AAA battery tamiya dll

Anggoro mengatakan...

Gk usah bingung sambung aja 110 ke 0 yg blkg, ntr listrike dr 0 yg dpn ma 110 yg blkg. Jadi kan ditotal udh dpt 220 tuh, trafo era jg gt

Anggoro mengatakan...

Wew bisa 0.110 depan yg blkg 0.110.130
Nah 110dpn langsung hububgkan ke 0 yg blkg, inputnya 0 depan ma 110 belakang itu sm aja 220v, kl diambil blkg yg130 dptnya 240v gt lho

blackindigo mengatakan...

sy sangat setuju karena berdasarkan textbook yg prnh sy baca :
"OA Witte’s “The Automobile Storage Battery – Its Care And Repair” 1922"
ternyata voltase yg dibutuhkan untuk men-charge lead-acid battery adalah 16,2v (2,7v/cell)
jadi dalam pemikiran sy pun, bila rugi2x diperhitungkan artinya harus mengambil output 18v dari trafo, bukan output 15v seperti yg pada umumnya org buat.

o ya, bagaimana dengan rangkaian Alexkor charger yg memanfaatkan IC 555 maupun MJE13009 serta air core (22swg x 200turn) yg bekerja dengan prinsip pulse dan vibrasi frekuensi (500 Hz - 1Khz)? sy dengar rangkaian2x ini sedang menjadi trend diluar sana, dmn rangkaian2x tsb. selain dpt berfungsi sebagai charger jg dpt berfungsi sbg desulfator elektrik yg bs me-revive lead-acid battery yg sdh lemah ktnya. Apakah rangkaian charger "uncle zak skynet" bekerja dengan prinsip yg sy maksud diatas? Kebetulan sy jg sedang mengerjakan project tsb. bagi sy seberapa cepat proses charging tdk terlalu menjadi masalah, yg terpenting bagi sy adalah performansi dan durabilitas baterai shg karakter baterai itu sendiri dpt kita kenali/pahami. terima kasih.

Solusi battery mengatakan...

model charger yang dibahas di artikel ini model standar biasa 50 /60 hz, model alexkor charger belum ane bahas, gambar paling atas nyaris sama prinsip kerjanya dengan model alexkor charger, model high frequensi

Unknown mengatakan...

Uncle Zak terimaksih atas ulasan/penjelasannya.. beserta gambar.... mantap.. ane orang 'awam "enga biasa pegang solder" bisa mengerti... bahkan bisa bikin sendiri...

Unknown mengatakan...

Uncle gimana cara y tau cas accu yang dibuat jadi atau tidak y
mhon penerangan y Uncle?

Unknown mengatakan...

uncle zak ...kalo bikin charge aki pake power supply 30/15A bisa tidak dengan skema ini..txs

achmad supiyan mengatakan...

gan,punya skema charger akki tanpa trafo?

Solusi battery mengatakan...

bisa, pakai 15 amper semakin mantap

Solusi battery mengatakan...

ada banyak model charger tanpa trafo, nanti ane posting !

Unknown mengatakan...

mantabs om, pengen bisa merangkai sendiri charger akinya but kira2 butuh modal brp om?

hardi mengatakan...

Uncle...utk rangkaian charge otomatis mati ketika aki penuh ada gak....

yon mengatakan...

assalamu alaikum wr.wb
salam kenal
maaf saya baru di dunia elektronka.
saya punya stavolt rusak yang akan saya gunakan box nya sebagai box pengisian accu.
saya punya trafo CT bekas power audio 5A murni (kata teman yang tahu)
saya ingin membuat pengisian accu kering dan basah (untuk motor) dan jika bisa untuk mobil juga (walaupun sekarang belum punya mobil) maksudnya multifungsi dan otomatis berhentimengisi apabila sudah full.
kira2 apa saja yang saya butuhkan ?
untuk box boleh kan memakai box bekas stavolt dan juga trafo bekas power audio (powernya rusak)
jika bisa mohon bantuannya sekaligus skema rangkaian (rencana mau belajar membuat PCB sendiri).
terima kasih
jika bisa mohon dikirim step by step secara komplite ke email ynnrny@gmail.com
nurany

yon mengatakan...

maaf apabila trafo semacam diatas kata temen yang bisa untuk 110 di sambung dengan 130 jadinya 240 dengan catatan apabila terjadi lonjakan PLN lebih dari 220 masih aman. apakah betul ? maaf masih awam elektronika.

yon mengatakan...

tambahan jika bisa juga untuk charger 2 accu. terima kasih

Unknown mengatakan...

Om zack saya bikin pakai trafo ct3A paling bagus pakai yg 15v atau 18v kalau pakai ygv15v teg saya cek bisa 16-18v aman tidak untuk charger aki motor atau mobil..

ekiat mengatakan...

Pak Zack....mau nanya nich.
1. rangkaian chargernya yang mana yanag baik....Pakai ELCO filter apa tidak yang baik untuk charge accu....apa cukup dioda Rectifier saja langsung ke aki...?
2. Ampere meter kalo tidak dipasang bagaimana?

Solusi battery mengatakan...

lebih bagus tidak pakai elco karena pada saat konek ke aki tidak ada letupan letusan kecil yang buat hati terguncang

tidak pakai ampere meter tidak masalah

Solusi battery mengatakan...

pakai trafo 3 amper lebih aman pakai jalur 15 volt

Solusi battery mengatakan...

ada, coba cek di artikel populer sebelah kanan atas : cara mudah membuat charger aki otomatis

Solusi battery mengatakan...

cara buat charger seperti yang diinginkan sudah ane bahas pada artikel diatas

Unknown mengatakan...

berarti bisa langsung dibuat charge aki ato harus bikin rangkaian lagi dan kl bisa voltasenya berapa ..krn yg available hanya 12V/13,8V ..thanks sebelumnya uncle zak ..

Click Titan mengatakan...

pagi uncle zak,
saya punya aki kering 6v 4.5 a 4 buah
saya sdh beli 4x charger n adapor utk isi ulangnya, ternyata ga maksimal. nah kalo bikin sendii base on skema uncle zak, tp sy pengen 4 aki itu saya charge bareng2 gimana uncle. ths

gusti15223 mengatakan...

sore pak Uncle Zak kalo charger aki pake kiprok honda supra fit itu saya rencana pake solar panel bisa gak ya

fierwonk mengatakan...

Saya punya trafo 10 amper ct tapi ga ada 15 , 18 . Adanya cuma 12,25,32,45. Bingung mau bikin charger caranya

Unknown mengatakan...

Saya punya adaptor cas tidak terpakai tapi masih berfungsi dengan baik outputnya tertulis 12V 5000mA, apakah bisa di gunakan untuk ngecas aki motor dan apa perlu komponen tambahan untuk mengaplikasikan nya? Thanks

Unknown mengatakan...

salam kenal om...itu gambar4 ukuran c2,c3 brp v?
untuk r1-r5 pakai yg brp wat?
untuk menentukan kaki ic yg in-out gimana? mohon bimbinganya oiya simbbol p1 itu apa y om
trims

Unknown mengatakan...

Artikelnya sangat bermanfaat sekali Om...
Modifikasi Motor Ninja 150SS
Modifikasi Motor Ninja R150 Cool Style
Modifikasi Motor Ninja 250 Fi Warna Merah
Modifikasi Motor Ninja 250 Good Style

yon mengatakan...

mohon bantuan : untuk membuat charger accu 36v 10a kira2 skema bagaimana dan komponennya apa saja ?
terima kasih
ynnrny@gmail.com

Anonim mengatakan...

terus maju,dan lanjutkan...bro

Unknown mengatakan...

pagi om zak.ane mo tanya.merk charger yg bagus buat ngecas 10 aki sekaligus apa ya om? info harga high dan low nya juga ya om.mohon pencerahannya om.thanks om

Unknown mengatakan...

Gan, bisa tolong buatkan skema charger aki mobil 45A dengan generator dinamo alternator (dinamo Amper). email saya dckomputer2012@gmail.com

Unknown mengatakan...

om ane bikin charger aki motor dengan trafo 2A output 15v .. pertanyanayya , pas ane chek tegangan pengisian sesuai yaitu 15v, tapi kenapa ampere pengisian cuma 0.5A ya? trus klo motor kan 12v,ane ukur tegangan cuma 11.7v, ane charger pakai charger yg baru ane buat 15v 2A, setlah di tunggu dingin tegangan balik ke 11.7v lagi,, apa gagal proses charging ny?

Yudi herman mengatakan...

Mau tanya saya ngecas aki 120ah kenapa dioda brige 35 a berasap sangat panas. Sy pakai trapo 10 a ct.

Unknown mengatakan...

saya ada trafo bekas ups, input 220 V, 190 V output cuma 16 volt tapi nggak ada tulisan ampernya berapa. cara mengetahui berapa ampernya gimana ya uncle? Makasih

Unknown mengatakan...

Uncle Zack ,untuk mengetahui output charger gmn? Thanks

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

selamat malam pak uncle..!! saya mau tanya karena kita kn orang awan di elecktro, saya punya trafo 5A (non ct) kata teman saya itu bukan trafo 5A murni karena ukurannya kecil, pertanyaan saya apakah trafo 5A yg tidak murni bisa mencharger aki 50AH mohon pencerahan dari bapak..??

Unknown mengatakan...

Mau nanya.. saya punya trafo ct rumputnya 3o volt apa bisa charger aki motor....
Dioda oke berapa amper dan fuse oke berapa ampera...dan apa saja komponen yg dgunakan..
Mohon penjelasanya

Unknown mengatakan...

mau tanya nich uncle,,,, sy pny UPS kalo di pake charger aki gmn cra'y???

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Mas trafo ct saya tidak ada 18vnya cuma 0-6-9-12-25-32-42..biar jadi 18 v nya gmana apa bisa yg 6v sama 12v di sambung pararel pd trafo..mohon penjelasanya

Unknown mengatakan...

Mas trafo ct saya tidak ada 18vnya cuma 0-6-9-12-25-32-42..biar jadi 18 v nya gmana apa bisa yg 6v sama 12v di sambung pararel pd trafo..mohon penjelasanya

muz mengatakan...

mau tanya..cara masang dioda zener gmana

muz mengatakan...

mau tanya..cara masang dioda zener gmana

muz mengatakan...

mohon infonya

Unknown mengatakan...

Om saya pnya trafo ct tpi tidak murni apakah bisa dan jika jalurnya dibikin 18 volt untuk mengecas aki 5a aman tidak mohon pencerahannya

Unknown mengatakan...

All...bagi kalian yang belum mengerti tentang pengapian.motor,harus ber hati hati.apa lagi motor jaman skarang.kebanyakan motor memakai CDI DC.dan cdi dc itu.tidak boleh lebih dari 15 VOL ke atas untuk input ke CDI nya.kalau lebih dari itu.usia CDI Tidak akan lama karna normal ny 12vol.hati hati lah modif kiprok.karna kabel merah atau B+ keluar dari kiprok itu tujuan nya' ke cdi,aki,spedo meter,lampu sen R&L,lampu rem blakang klakson.dan lain2.dan mereka semua di kasih input nya 12 vol./13,8vol.nah terkecuali motor pakai CDI AC.ga apa2.paling bohlam boros.

Unknown mengatakan...

Salam uncle zak, untk cas dua kaki lok pake diode 6ah bisa gak? Soalx yg di gambar pake kiprok

Unknown mengatakan...

selamat siang uncle zak,
setelah saya pelajari dan saya praktekan rangkaian diatas, saya menggunakan trafo CT 1ampere 15volt dengan 2 pcs dioda 3ampere (1N5402) dan elco 2200uF 25volt untuk charge aki (basah) yuasa 10Ah 12volt.
pertanyaan saya, setelah saya charge selama 10jam voltage pada aki tersebut mentok di 9volt?? (saya chek menggunakan multimeter)
padahal aki tersebut masih baru.
waktu beli baru saya isi dengan air aki dan saya chek tegangan tersebut 12volt, setelah itu saya pakai untuk lampu emergency selama beberapa waktu tegangan menjadi 11volt. setelah di charge menggunakan rangkaian diatas mentoknya malah 9 volt.
mohon petunjuk dan arahanya.
terimakasih uncle zak.

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat, tidak pelit Ilmu, Ilmu yg bermanfaat jd ladang Amal, Aamiin Sukses Barokah.

Unknown mengatakan...

Selamat siang uncle zak
saya mau tanya nih,saya kan lagi bikin penerangan rumah dari power inveter 1500 watt,yang kerjanya dari accu 40 amper berapa amper trapo yang dibutuhkan biar ngga tekor?
ini gara - gara subsidi pln dicabut uncle zak?

Unknown mengatakan...

Kalau travo 10 am 20 volt bisa

Automac mengatakan...

Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF" (Garansi Resmi 6 Bulan), Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia NKRI Harga Mati

www.automacindo.com

guigunaea mengatakan...

Pak,boleh tanya.kalau ukuran kawat 1mm untuk trafo cas 20 aki.bagaimana cara primer dan sekunder voltase 220 ke 12,24 dan seterusnya.dari ac ke dc?

Unknown mengatakan...

Mr.zak mo nanya nih saya punya travo 13.5v/1.9A.nah kl mo bikin charge aki 12V/5A.apa aja komponen nya dan berapa ukuran komponen nya?terima kasih paman

Unknown mengatakan...

Bos,alternator mobil T120SS saya ukuran 70A,apakah aman buat mengisi dua aki yg masing2 ukuran 35 ah

Febri pothot mengatakan...

Mas kalau pakai trafo 3A 18 CT 18 itu pakai komponen apa saja ya?

snhaukeo mengatakan...

boleh juga ini min, makasih sudah share...
mmi

Unknown mengatakan...

mau tanya om, saya udh merangkai seperti gambar di atas, saya menggunakan trafo 5 ampere merk BIG Jenis CT, kabel udh saya rangkai mirip skema di atas, saya hubungkan ke tegangan 15 dan 15, stelah saya cek keluaran arus kok 21.30 volt, pakai multi? gimana ya? kok tidak 15 atau 16 volt? mohon pencerahanya? 08562555425 WA

Unknown mengatakan...

Maaf om ott saya mau charging batray 24 v bagai mana rangkayan kiproknya motor saya spulnya 3 phase biar bisa charging 24v

Unknown mengatakan...

Mas mau tanya. Untuk merakit charger accu, setelah output travo cukup di pasang dioda aja atau perlu di tambahkan elco. Mohon di bantu, trims

Unknown mengatakan...

Trafo 3 ampere engkel + 4 dioda 3ampere. Dc 18 volt. Sangat mantab dan lebih dari cukup buat cas accu 3.5 sd 120 ah.

Unknown mengatakan...

Mas mo nanya .saya punya travo 5A output 24volt engkel .kalau buat ngecas aki mobil 60 Amper 12volt bisa Ndak

cara

WIDIYANTO mengatakan...

saya punya ups prolink yg nganggur, bisakah dimodif jadi charger accu mobil yg 60 ampere?

Arda mengatakan...

Wah mantap uncle zak.
Uncle zak..saya punya trafo 5amp tipe 0 .tetapi untuk autputnya hanya ada 8 volt. 9 volt. Dan 32 volt. Gimana tuch paman biar bisa untuk membuat charge .sedangkan maksimal di rangkaian di atas maksimal yg di gunakan 18 volt.bagaimana caranya uncle biar trafo ini bisa di gùnakan. Trims paman..

Unknown mengatakan...

Uncle..klo pake tra ct 5a..out nya 20 12 ct 12 20 bisa gk

Unknown mengatakan...

Kak klo trafo 24 volt bropo ya harganya

Unknown mengatakan...

Yg saya bikin dites pke voltdigital uknya 25V ... bisa gak Om kalau dipke ngecas kalau 25 v

Abdul Hasan mengatakan...

Artikel yg sangat bermanfaatgan.... Mohon pencerahan cara membuat cas aki (75 Ampere) yg sederhana, murah dan dan tentu saja awet. Berapa ampere trafo yg harus digunakan? Tolong kasih gambar/skema rangkaiannya. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

Liyan hn mengatakan...

Jossss,..mantappp detail mudah dipahami,sukses gannnnn 👍👍👍👍

Robby T mengatakan...

Mas mau tanya nih.. aku bkin chsrger aki dari bekas power supply 20 amp 12 v .. hasil nya output dc 14 v mantap. yang jadi masalah pas di konek ke akki kok ampre nya besar bngat sd 20 amp . Ggk berani ku pake gmna solusi mya mas .. mohon petunjuk

Cyber News mengatakan...

cara membuat casan aki mobil sederhana
https://gitewan.com/jasa-kirim-mobil/

Unknown mengatakan...

Pak! kalau pada cas aki itukan ada high dan low cara kerjanya gimana ya dan gimana cara bikinnys

Unknown mengatakan...

Mantapp 👍👍👍, Makasih pencerahannya suhu,
Nyimak🤗